alexametrics

Tim Swab Hunter ke Perbatasan, Cegah Klaster Pasca Long Weekend

4 November 2020, 17:41:59 WIB

JawaPos.com–Tim Swab Hunter kembali bergerak di berbagai tempat. Rabu (4/11), swab diselenggarakan di sembilan wilayah kecamatan Kota Surabaya. Salah satunya di Wiguna, Kecamatan Gunung Anyar.

Menurut Camat Gunung Anyar Maria Agustin Yuristina, agenda Tim Swab Hunter kali ini menyasar seluruh warga yang tinggal di wilayah perbatasan Kota Surabaya. ”Fokus kegiatan swab hari ini (4/11) untuk warga yang tinggal di wilayah perbatasan. Baru diadakan karena pasca long weekend,” ujar Maria Agustin Yuristina.

Maria mengungkapkan, kegiatan itu merupakan inisiasi berbagai pihak. Sebelum diadakan, dia berkoordinasi dengan jajaran RW, LPMK, hingga lurah. Mereka berbicara mengenai informasi agenda Tim Swab Hunter di wilayah perbatasan.

Secara total, lanjut dia, terdapat kuota 100 orang dari dinas kesehatan. Namun, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut bertambah. ”Kuota dari dinas kesehatan ada 100 alat swab. Bila jumlahnya melebihi, tetap memungkinkan dilayani,” terang Maria Agustin Yuristina.

Hingga siang tadi (4/11), terdapat 80 hingga 90 warga yang sudah mengikuti swab test. Namun Maria mengakui bahwa jumlah itu akan bertambah. ”Ini ada kurang lebih 90 orang. Tapi belum semua tuntas,” papar Maria Agustin Yuristina.

Sementara itu, terdapat dua titik pelaksanaan swab test Tim Swab Hunter. Yakni di wilayah Wiguna serta Rungkut Menanggal. Untuk warga yang memiliki hasil positif, treatment akan langsung diberikan sesuai prosedur. ”Warga bisa datang ke Wiguna dan Rungkut Menanggal  sampai pukul 21.00. Apabila positif ditindak dengan SOP dari teman-teman dinas Kesehatan,” jelas Maria Agustin Yuristina.

Swab test juga diadakan di tempat lain. Di antaranya Kecamatan Jambangan di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Gayungan di homestay belakang Mall City of Tomorrow (Cito), dan Kecamatan Pakal. Selain itu, di Kecamatan Bulak dan Kenjeran, Kecamatan Wonocolo, Kecamatan Lakarsantri, Kecamatan Karang Pilang  dan Kecamatan Benowo.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads