alexametrics

FK Unair Bantu Pengobatan Gratis Penderita Penyakit Kronis

4 Oktober 2021, 21:18:04 WIB

JawaPos.com- Pandemi Covid-19 juga berdampak banyak warga menunda pengobatan ke rumah sakit (RS). Kekhawatiran terpapar virus korona menjadi salah satu penyebabnya. Menanggapi hal itu, Minggu (3/10) kemarin Departemen dan Program Studi Bedah Toraks Kardiak dan Vaskular Fakultas Kedokteran (FK) Unair menggelar pengobatan gratis bagi lansia.

Puluhan lansia tampak berkumpul di halaman SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Mereka mengantre berobat gratis yang digelar FK Unair tersebut. Mayoritas mereka menderita penyakit kronis seperti diabetes.

Pengabdian masyarakat itu menyasar warga di kampung nelayan sekitar Kelurahan Sukolilo Baru dan Kenjeran. Mereka difasilitasi untuk perawatan luka bagi penderita diabetes. Sebab, tidak sedikit yang keliru saat memperlakukan luka bagi penderita diabetes.

Koordinator Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiak dan Vaskular dr Yan Efrata Sembiring SpB SpBTKV (K) menyatakan, sebanyak 30 lansia dibantu untuk perawatan luka mereka. Jumlah itu memang dibatasi untuk mencegah munculnya kerumunan. ’’Kegiatan kali ini memang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat,’’ terangnya.

Selain pengobatan gratis, warga diberi pengetahuan tentang diabetes dan gagal ginjal kronis. Dia mengakui, kegiatan itu sangat disambut warga. ’’Semoga ke depan kegiatan serupa bisa kami gelar terus,’’ ungkapnya.

Dr Heroe Subroto SpB SpBTKV(K), ketua Departemen Bedah Toraks Kardiak dan Vaskular FK Unair, menambahkan bahwa sebelum masa pandemi, kegiatan serupa digelar dua kali dalam setahun. ’’Namun, saat pandemi ini memang kegiatan itu belum dijalankan. Khawatirnya malah akan menimbulkan kerumunan,’’ ucapnya.

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini: