alexametrics

Machfud Arifin Dapat Sokongan dari Ibu-Ibu Pengusaha

4 Agustus 2020, 18:18:07 WIB

JawaPos.com – Dukungan dari para pelaku usaha untuk bakal calon wali kota Machfud Arifin terus mengalir. Terbaru, mantan Kapolda Jatim itu mendapat sokongan suara dari ibu-ibu pengusaha dan pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Dalam salah satu programnya, pensiunan jenderal bintang dua itu telah menyiapkan program pengembangan usaha. Khususnya sektor UMKM.

Hal itu disampaikan dalam forum deklarasi dukungan dari paguyuban ibu-ibu pengusaha yang tergabung dalam Permata (Perempuan Entrepreneur Tangguh Machfud Arifin Wali Kota) di Hotel Mercure Senin (3/8). Ketua Permata Etty Ariaty Soraya mengungkapkan beberapa alasannya mendukung Machfud. Salah satunya, rekam jejak Machfud yang sudah berpengalaman memimpin organisasi besar.

Selain itu, karakternya yang tegas dan peduli terhadap nasib para pengusaha, baik yang berskala besar maupun kecil, sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, dia dan para anggotanya memiliki keyakinan bahwa Machfud bisa memajukan perekonomian dari level yang paling bawah. ”Jadi, bagaimana peran perempuan bisa sangat membantu menggerakkan perekonomian secara mandiri,” ujarnya kemarin.

Etty mengaku sudah sering berkomunikasi dan berdiskusi dengan Machfud dan istrinya, Lita Machfud Arifin. Menurut dia, gagasan untuk mengembangkan entrepreneurship sudah sangat matang. Tinggal eksekusinya yang harus dilakukan untuk merealisasikan program-program tersebut.

Karena itu, dia bersama anggota komunitasnya siap ikut berjuang memenangkan Machfud dalam pemilihan wali kota (pilwali). Sebab, dia memiliki harapan besar supaya program-program yang digagas bisa direalisasikan. ”Karena itu, kami memberikan dukungan penuh untuk Pak Machfud sebagai wali kota Surabaya,” ucapnya.

Sementara itu, Lita yang sampai saat ini masih menjadi pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat mengapresiasi dukungan tersebut. Dia akan mendampingi Machfud untuk mewujudkan visi-misinya dalam mengembangkan UMKM di Kota Pahlawan. ”Bagaimana supaya Surabaya ini bisa maju kotane makmur wargane,” katanya.

Tentu, kata Lita, hal itu tidak bisa dilakukan sendirian. Dibutuhkan peran serta banyak pihak untuk mewujudkan program-program tersebut. ”Inilah pentingnya supertim. Nanti ibu-ibu sekalian yang membantu saya dalam membina UMKM se-Surabaya,” tuturnya.

Sementara itu, Machfud mengaku sudah menyiapkan beberapa program untuk mengembangkan UMKM di Surabaya. Mulai pelatihan, pengembangan jaringan, hingga pemasaran produk. Namun, ada yang tidak kalah penting dari itu. Yakni, kemudahan izin bagi para pelaku usaha.

Sebab, keluhan terkait perizinan tidak hanya datang dari pengusaha besar. Para pelaku UMKM juga kerap mengeluhkan hal tersebut. Padahal, kemudahan investasi menjadi salah satu kunci untuk membangkitkan perekonomian.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c6/ano



Close Ads