alexametrics

Tips Cegah Berat Badan Naik pada Momen Idul Adha

Gym dan Angkat Beban Masih Jadi Pilihan
4 Juli 2022, 21:59:04 WIB

JawaPos.com–Seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha, beberapa cara bisa dilakukan untuk menurunkan sekaligus menstabilkan berat badan. Cara pertama adalah dengan mulai konsisten makan pada jam-jam tertentu.

Praktisi olahraga sekaligus CEO The Harvest Indonesia Edison Manalu mengatakan, makan pada jam-jam tertentu bisa menurunkan berat badan. Hal itu bisa terjadi bila praktik makan dalam waktu terbatas konsisten dilakukan.

”Bisa intermittent fasting atau makan di jam-jam tertentu. Jadi memberi batas bagi tubuh untuk memproses dan mencerna makanan,” kata Edison, Senin (4/7).

Dia mencontohkan dengan makan hanya pada jam 12.00 hingga 15.00. Selain di jam itu, tidak boleh mengonsumsi makanan apapun, namun boleh minum.

”Minum apapun bisa. Jus boleh. Asal tidak mengandung gula,” ucap Edison Manalu.

Kemudian, mulai melakukan gym atau angkat beban. Edison mengatakan, tidak semua gym atau angkat beban bisa terbukti menurunkan berat badan. ”Harus memperhatikan tujuan gym. Ada yang untuk kebugaran atau BB ideal dengan pembakaran kalori,” ujar Edison Manalu.

Bila ingin membentuk badan ideal, dia meminta untuk tidak mengesampingkan rumus olahraga yang telah dijalankannya sejak dulu. Yakni mengatur pola makan, istirahat, dan olahraga.

”Percuma kalau gym bagus mau jaga BB tapi pola makan tidak diatur. Atau mau tetap fit olahraganya rajin tapi istirahatnya ngaco (tidak teratur) dan makanan nggak tetap. 3 hal itu nggak seimbang, ya berat badan nggak ideal lagi,” papar Edison Manalu.

Dia menyarankan untuk melakukan latihan dengan angkat beban. Sebab sejauh ini, Edison melihat bahwa olahraga itu cukup efektif membakar lemak.

”Jadi gula dan lemak dari latihan itu hancur. Karena latihan, otot menjadi stres dan dihancurkan. Abis ancur massa otot diisi lagi dengan latihan,” ujar Edison Manalu.

Latihan gym pun menjadi salah satu olahraga yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal itu diakui Reza Armenia, 24, warga Surabaya yang rutin gym sejak 3 tahun lalu.

Reza melihat bahwa gym merupakan salah satu work out yang bisa membuat berat badan ideal. Meski banyak makan, berat badannya tidak langsung naik drastis. ”Jadi aku gym rutin. Berat badan nggak gampang naik,” terang Reza.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: