alexametrics

Peserta Skrining Kesehatan di Surabaya Masih Minim

BPJS Kesehatan Surati 222 Faskes Primer
4 Juli 2022, 16:48:50 WIB

JawaPos.com – Salah satu upaya mencegah risiko kesehatan adalah dengan skrining kesehatan. Sayangnya, hingga saat ini partisipasi untuk melakukan pencegahan dini itu masih minim. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pun meminta partisipasi Pemkot Surabaya dan fasilitas kesehatan untuk mendorong tercapainya target minimal.

BPJS Kesehatan menyediakan fasilitas skrining kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Itu merupakan bagian dari upaya untuk mendeteksi dini gangguan kesehatan yang dialami peserta jaminan. Selain bermanfaat, fungsi JKN juga bisa mengurangi potensi penyakit kronis pada saat kondisi sudah parah.

Kabid Penjaminan Manfaat Primer (PMP) BPJS Kesehatan Surabaya Eka Wahyudi menyatakan, target minimal skrining kesehatan adalah 10 persen dari jumlah peserta JKN yang terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Di Surabaya total ada 2.604.778 jiwa. Karena itu, target minimalnya adalah 260.478 jiwa.

”Namun, hingga saat ini yang melakukan skrining kesehatan baru 13,3 persen atau 34.668 orang. Kami upayakan target itu terpenuhi tahun ini. Sambil terus sosialisasi kami lakukan,” terang Eka.

Berdasar data BPJS Kesehatan, ada empat penyakit dengan porsi terbanyak yang sering menjadi keluhan pasien. Di antaranya, hipertensi sebesar 14 persen, kemudian jantung 6 persen, ginjal kronis 3 persen, dan diabetes melitus 3 persen. Atas alasan itu pula skrining harus dilakukan.

”Kalau skrining tidak dilakukan, bisa jadi penanganan terhadap penyakit tertentu terlambat. Padahal, empat penyakit mayoritas itu bisa ditangani lebih awal. Misalnya, diabetes. Memakai BPJS Kesehatan, peserta bisa dilayani rutin. Seperti pemeriksaan gula darah agar tidak menjadi diabetes kronis,” jelasnya.

Jika sudah masuk ke fase kronis, lanjut Eka, penanganannya lebih sulit. Biayanya juga besar meski masih bisa ditanggung BPJS Kesehatan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini: