alexametrics

Perbaiki Plengsengan Jebol di Kenjeran, Bangun Saluran di Pandugo

4 Juli 2022, 19:51:03 WIB

JawaPos.com- Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya mulai memperbaiki kerusakan pada plengsengan saluran air di Jalan M. Noer sisi timur, Kenjeran, Minggu (3/7). Proses pengerjaan berlangsung selama sebulan. Agar tidak kembali rusak, kualitas material ditingkatkan.

Koordinator Rayon Gubeng DSDABM Surabaya Bambang Yulianto menjelaskan, kerusakan plengsengan disebabkan pengerjaan normalisasi saluran. Normalisasi itu berlangsung pada akhir 2021. Dalamnya pengerukan membuat struktur tanah berubah.

Longsor pun terjadi. Material plengsengan berjatuhan, sepanjang 30 meter. Untuk mengantisipasi kembali terjadi longsor, puluhan sheet pile dipasang. ”Namun (sheet pile) hanya bersifat sementara. Mencegah agar kerusakan tidak semakin parah,” kata Bambang kemarin.

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum melandai sejak kerusakan tersebut membuat pengerjaan menyeluruh belum bisa berjalan. Dan baru sekarang perbaikan kembali berjalan.

Perbaikan dilakukan secara total. Plengsengan diperkuat dengan batu kali dan semen. Agar tidak kembali longsor saat dinormalisasi, material bawah saluran air diperkuat. Belasan petugas diterjunkan.

Bambang menargetkan dalam waktu sebulan, proses pengerjaan bisa selesai. Selama proses pengerjaan, Jalan M. Noer sisi timur tetap bisa dilintasi kendaraan. Agar tidak membahayakan pengendara, beberapa pembatas telah dipasang sebagai penanda adanya pengerjaan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c9/c18/ady/ai

Saksikan video menarik berikut ini: