alexametrics

Pembersihan Saluran, Jalan Embong Malang Surabaya Tersendat 2 Bulan

4 Juli 2022, 17:13:49 WIB

JawaPos.com- Pengendara yang melintasi Jalan Embong Malang, Surabaya, belakangan ini harus bersabar. Terutama pada jam sibuk. Sebab, petugas Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya sedang membersihkan riol alias gorong-gorong. Pengerjaannya ditargetkan rampung dalam waktu dua bulan.

Kepadatan kendaraan bakal kerap terjadi. Sebab, pengerukan sedimen dilakukan setiap hari. Apalagi, lokasi pengerjaan tepat berada di tengah Jalan Embong Malang. Dump truck juga disediakan di sana. Sedimen yang diambil langsung diangkut dengan truk.

Kepala Bidang Drainase DSDABM Surabaya Eko Juli mengatakan, pengerukan sedimen gorong-gorong peninggalan Belanda itu digarap secara manual. Saluran air tersebut memiliki diameter 0,8–2 meter. Gorong-gorong itu juga cukup panjang. Mulai Jalan Kenari hingga perempatan Blauran.

’’Lima petugas masuk ke lorong riol, lalu membawa sedimen yang dimasukkan ke karung. Kemudian, sedimen itu diangkat ke truk,’’ paparnya. ’’Karena itu, tidak bisa cepat,’’ lanjutnya.

Pembersihan tersebut dilakukan secara rutin. Biasanya pada musim kemarau seperti sekarang. Banyaknya sedimen itu membuat saluran buntu. Akibatnya, jalan di Blauran, Embong Malang, dan Basuki Rachmat tergenang air. Terutama saat hujan deras seperti beberapa bulan lalu. ’’Ini memang rutin untuk antisipasi awal musim hujan,’’ terang Eko.

Selain normalisasi, tim satgas drainase menelusuri saluran tersebut agar gorong-gorong itu bisa kembali difungsikan. Menurut Eko, pompa air di Jalan Kenari membuang aliran dari di sana. ’’Hulunya di situ, hilirnya di pompa Kenari,’’ jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: