alexametrics

Mau Nikahi Atlet Andalan Gresik, Pemuda Asal Thailand Masuk Islam

4 Juli 2022, 22:36:15 WIB

JawaPos.com- Cinta adalah tangan yang terbuka. Kalau kamu menutupnya, kamu hanya akan memeluk dirimu sendiri. Begitu salah satu kutipan populer Leo Buscaglina, sang ’’profesor cinta’’ yang lahir di Los Angeles, Amerika Serikat, 1924 silam.

Pun demikian mungkin gambaran cinta Fitria Hartani. Atlet andalan cabang olahraga panjat tebing asal Gresik, Jawa Timur. Soal cinta, dia sejak mula tangannya selalu terbuka. Namun, peraih emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 itu tidak menyangka bakal berjodoh dengan pemuda asal Thailand. Yakni, Justin Lerschai Thamtong.

Hari ini (4/7) , Justin resmi menjadi mualaf. Pemuda 39 tahun itu memeluk Islam. Awalnya, beragama Buddha. Ikrar diucapkan di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik. Dibimbing KH Fathoni Abdussyukur. Disaksikan sejumlah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik. Bupati Fandi Akhmad Yani juga ikut hadir.

Mengenakan kemeja panjang dan berkopiah hitam khas Gresik, Justin terlihat ganteng. Kulitnya terlihat putih bersih. Dengan cukup lancar, pria yang tinggal di Din Daeng, Bangkok, itu melafalkan dua kalimat Syahadat.

Pipit, panggilan akrab Fitria Hartani, yang turut menyaksikan prosesi bersejarah itu pun tak kuasa membendung air matanya. Tangis haru bercampur bahagia. ‘’Bersyukur dan bahagia,’’ katanya dihubungi Jawa Pos.

Pipit bertemu dengan Justin pada 2016. Kala itu, dia mengikuti training center (TC) di Thailand. Selama sepuluh hari. ‘’Singkat cerita kita berkenalan,’’ ungkap alumnus SMAN Olahraga Sidoarjo itu. Justin suka dengan olahraga panjat tebing. Namun, sekadar hobi. Bukan atlet profesional seperti Pipit.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: