alexametrics

ITS Kembali Sabet Juara Umum Kontes Robot Indonesia

4 Juli 2022, 20:46:26 WIB

JawaPos.com–Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menyabet gelar juara umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022. Diumumkan di Gedung Pusat Robotika ITS, Minggu (3/7) malam, tim robotika ITS memboyong kejuaraan di lima kategori KRI 2022.

Kontes robot berskala nasional diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tim robotika ITS berhasil unggul di lima divisi perlombaan, empat di antaranya menyabet Juara 1. Sehingga ITS kembali berhak menyandang gelar sebagai juara umum KRI.

”Selamat kepada seluruh peserta dan perlu diingat bahwa prestasi ialah ketika kita bisa menjadi seseorang yang bermanfaat, jadi teruslah berinovasi untuk kemajuan bangsa,” ujar Plt Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi.

Pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI-B), tim ITS diwakili IRIS. Tim IRIS menyingkirkan 21 tim dari universitas lain dan keluar sebagai juara 1 nasional. IRIS juga dianugerahi sebagai tim dengan strategi terbaik.

Cabang KRI 2022 yang dilombakan kedua ialah divisi Kontes SAR Indonesia (KRSRI). Tim ABINARA-1 berhasil menyabet gelar juara 3 dengan total peserta sebanyak 24 tim nasional.

Dilanjutkan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H). tim ICHIRO sebagai perwakilan ITS memboyong dua penghargaan. ICHIRO berhak menempati podium juara 1 dan sebagai tim dengan strategi terbaik.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: