alexametrics

Indeks Demokrasi di Jatim Meningkat

4 Juli 2022, 12:48:10 WIB

JawaPos.com – Dua tahun menjelang hajatan pemilu serentak, suasana demokrasi di wilayah Jatim cukup kondusif. Itu terlihat dari naiknya indeks demokrasi Indonesia (IDI).

Kondusifnya iklim politik di provinsi ini tak terlepas dari terpenuhinya hak berpolitik warga. Selain itu, kenaikan indeks tersebut tak terlepas dari peran lembaga-lembaga di bidang politik.

Berdasar data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), IDI untuk Jatim selama 2021 mencapai 81,31 poin. Angka tersebut naik 10,6 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian itu lebih tinggi dibandingkan angka nasional yang mencapai 78,12 poin.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, kenaikan indeks demokrasi tersebut tidak terlepas dari terlayaninya hak-hak politik masyarakat. Selain itu, ada peran lembaga penyelenggara demokrasi seperti KPU dan Bawaslu.

”Dua lembaga itu juga berperan aktif dalam mendorong terwujudnya demokrasi,” katanya.

Tingginya indeks demokrasi Jatim dipengaruhi beberapa aspek. Antara lain, aspek kebebasan (sebesar 88,11 poin); aspek kesetaraan (81,14 poin); dan aspek kapasitas lembaga demokrasi.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c7/ris

Saksikan video menarik berikut ini: