alexametrics

Ditinggal Bantu Tetangga, Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

4 Juli 2022, 17:41:26 WIB

JawaPos.com- Kebakaran terjadi di Desa Terungwetan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Minggu (3/7). Si jago merah menghanguskan rumah milik Sukirno. Tiga ruang kamarnya ludes. Kamar yang terbakar berada di bagian belakang. Bagian depan rumah pria 61 tahun itu dijadikan warung kopi.

Kejadian bermula saat Ria, 33, penjaga warung yang juga tetangga Sukirno, menuju belakang rumah pada pukul 08.30 WIB. Namun, dia tidak lewat dalam. Melainkan samping rumah.

Waktu itu dia melihat kepulan asap. Ria mengira itu adalah asap dari tetangga yang sedang membakar sampah. ”Sampai lama-lama saya lihat di ventilasi kok ya keluar asap dan ada apinya, baru saya panik,” ujarnya.

Seketika Ria berlari ke pintu depan rumah milik Sukirno dan membukanya. Api dari dalam telah membesar dan memakan plafon rumah yang terbuat dari anyaman. Para pengunjung warung kopi yang tidak tahu bahwa ada kebakaran langsung bergegas mencari air saat melihat api. ”Tapi, pas kebakaran itu, listrik mati jadi pakai air selokan atau yang ada dibantu pengunjung,” kata Ria.

Untungnya, kata Ria, rumah sedang kosong. Jadi, tidak ada korban jiwa. Biasanya, Sukirno tinggal seorang diri di rumah. Di antara tiga anaknya, ada yang sudah bekerja dan ikut suaminya. ”Langsung saya ke tetangga sebelah kiri tiga rumah dari sini untuk lapor bahwa ada kebakaran. Kebetulan, dia orang damkar,” jelas perempuan 33 tahun tersebut.

Berselang 15 menit kemudian, tim PMK Krian datang dengan dua unit mobil. Menurut Solehudin, kepala regu Damkar Krian, lebar jalan yang hanya sekitar 2 meter membuat pergerakan mobil pemadam terhambat.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini: