alexametrics

284.447 Bangunan Belum Ber-IMB, DPRKPP Surabaya: Ini yang Kami Kejar

4 Juli 2022, 12:28:24 WIB

JawaPos.com- Masih banyak bangunan tempat tinggal di Kota Surabaya yang belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Terutama hunian yang berdiri di permukiman padat penduduk. Jumlahnya ratusan ribu.

Untuk memudahkan warga mengurus dokumen itu, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya terus berupaya mendekatkan pelayanan.

Kepala DPRKPP Surabaya Irvan Wahyudradjad menyampaikan, bangunan di Kota Pahlawan berjumlah 537.484. Sebanyak 290.007 atau 53,9 persen bangunan sudah ber-IMB. Selebihnya, 284.447 bangunan, belum memiliki IMB. ”Nah, ini yang kami kejar. Targetnya, tahun ini ada 5.497 lagi yang terbit IMB-nya,” kata Irvan.

Bangunan yang belum memiliki IMB itu berwujud rumah tinggal dan nonrumah tinggal. Jika diperinci, yang paling banyak adalah rumah tinggal, terutama di permukiman padat warga.

Untuk kemudahan, DPRKPP Surabaya mendekatkan pelayanan IMB. Pengurusan dokumen itu cukup di kantor kecamatan. Di kecamatan, sudah ada petugas yang stand by membantu warga. ”Bahkan, untuk menggambar denah rumah pun akan difasilitasi. Namun, ini khusus untuk rumah tinggal dengan luasan 500 meter persegi,” tutur Irvan.

Selain mendekatkan layanan, DPRKPP Surabaya juga menghapus denda administratif terhadap retribusi IMB yang terutang. Program itu berjalan sejak 10 Mei lalu hingga disesuaikan dengan situasi pandemi.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: