alexametrics

Tinggal Satu Daerah di Jawa Timur yang Terapkan PPKM Level 3

4 Mei 2022, 21:48:44 WIB

JawaPos.com – Status level PPKM yang disandang setiap kabupaten/kota di Jawa Timur makin membaik. Indikatornya, jika pekan lalu ada tiga daerah yang menerapkan level 3, kini tinggal satu daerah yang berada di level tersebut.

Saat ini daerah yang menyandang status level 1 mencapai 12 kabupaten/kota. Daerah dengan status level 2 sebanyak 25 daerah.

Sementara itu, status level 3 tersebut masih disandang Pamekasan. Penyebabnya, pencapaian vaksinasi di kabupaten itu masih di bawah standar yang ditetapkan pusat.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur dr Makhyan Jibril menyatakan, standardisasi cakupan vaksinasi sudah lama dinaikkan Kementerian Kesehatan. ’’Persentase dosis pertama harus di atas 70 persen, lalu dosis kedua 50 persen,’’ katanya kemarin.

Dia menjelaskan, sebenarnya cakupan vaksinasi dosis pertama di Pamekasan sudah memenuhi target minimal pusat. Namun, pencapaian dosis kedua masih jauh dari standardisasi yang ditetapkan. Karena itu, posisinya tetap berada pada status level 3. ’’Imbauan untuk terus menggenjot vaksinasi di Pamekasan sudah sering disampaikan,’’ katanya.

Di sisi lain, tidak hanya memberikan atensi terhadap Pamekasan, Satgas Covid-19 Jatim juga memberikan perhatian terhadap empat daerah lain. Yakni, Bangkalan, Lumajang, Bondowoso, dan Jember. Cakupan vaksinasi dosis kedua di daerah tersebut masih di bawah 70 persen. Harapannya, vaksinasi terus dikebut sehingga pekan depan cakupan vaksinasinya melampaui 70 persen.

Di sisi lain, selama arus mudik Lebaran, pertambahan kasus Covid-19 di Jawa Timur masih landai. Sejak cuti bersama hingga kemarin, pertambahan kasus positif Covid-19 berada di bawah 50 kasus per hari. ’’Meski begitu, kewaspadaan harus tetap dilakukan,’’ ujar dokter Jibril.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, cuti bersama Lebaran menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah. ’’Euforia masyarakat untuk menyambut Lebaran diharapkan tidak membawa dampak negatif pada kondisi pandemi Covid-19,” katanya. (riq/c12/ris)

5 DAERAH CAKUPAN VAKSINASI TERENDAH DI JATIM

PAMEKASAN

Dosis pertama : 73,01 persen

Dosis kedua : 34,21 persen

Dosis ketiga : 3,84 persen

BANGKALAN

Dosis pertama : 77,45 persen

Dosis kedua : 59,51 persen

Dosis ketiga : 4,53 persen

LUMAJANG

Dosis pertama : 77,85 persen

Dosis kedua : 60,20 persen

Dosis ketiga : 9,50 persen

BONDOWOSO

Dosis pertama : 83,86 persen

Dosis kedua : 63,41 persen

Dosis ketiga : 13,51 Persen

JEMBER

Dosis pertama : 82,69 persen

Dosis kedua : 65,89 persen

Dosis ketiga : 9,61 persen

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads