alexametrics

Cegah Mudik, Polisi Pantau Perbatasan hingga Jalur Tikus di Jawa Timur

4 Mei 2021, 13:10:36 WIB

JawaPos.com – Pemberlakuan larangan mudik bakal dimulai lusa (6/5). Namun, penyekatan sudah dilakukan aparat gabungan di sejumlah kabupaten/kota di Jatim.

Tidak hanya memantau jalur perbatasan antarkabupaten/kota, petugas juga memantau sejumlah jalur tikus yang berpotensi menjadi akses mudik ’’dadakan’’. Meski demikian, sejauh ini upaya tersebut belum menyurutkan langkah para pemudik.

Di Kota Madiun, aparat kepolisian mulai menghadang pemudik dari tiga penjuru angin. Masing-masing di kawasan PG Rejo Agung, Jalan Urip Sumoharjo, dan Soekarno–Hatta.

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menuturkan, pihaknya mendirikan lima pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan). ’’Jangan sampai pos-pos itu tidak berdampak apa pun. Pemudik yang curi-curi kesempatan harus bisa diatasi,’’ tegasnya.

Di Pacitan, penyekatan tak cuma dilakukan di jalur-jalur protokol. Pos pantau juga bakal didirikan di sekitar pelabuhan untuk memonitor pergerakan pemudik dari jalur perairan. ’’Jika masih ada yang nekat, kami arahkan untuk dikarantina di Wisma Atlet,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono.

Di Mojokerto, kemarin petugas melakukan uji coba penyekatan di checkpoint atau pos pemeriksaan pintu tol Penompo dan Gedeg. Selama larangan mudik nanti, kendaraan di luar pelat S, W, dan L yang hendak masuk ke wilayah Mojokerto langsung diputar balik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mg2/isd/mg5/fin/adi/abi/fre/aif/c6/ris

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads