alexametrics

Umur 14 Tahun, Siswi Gresik Ini Sudah Diterima Unair Jalur SNMPTN

4 April 2022, 19:11:11 WIB

JawPos.com- Usianya belum genap 15 tahun. Masih 14 tahun 8 bulan. Tapi, pelajar asal SMA Nahdlatul Ulama 1 (Smanusa) Gresik sudah diterima di kampus ternama. Universitas Airlangga. Dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Di usia segitu, normalnya masih SMP.

Dia adalah Ratu Sakinatul Aqila, yang lahir 15 Juli 2007. Rata-rata menjadi mahasiswa itu berusia lebih dari 17 tahun. Namun, Ratu bisa masuk lebih cepat lantaran ikut progam kelas akselerasi. Baik saat di SMP maupun SMA. Sekolah yang normalnya ditempuh 3 tahun itu, ditempuh Ratu cukup 2 tahun.

Saat sekolah taman kanak-kanak (TK), usia Ratu juga masih 5 tahun. Selepas TK, Ratu meneruskan ke SD Muhammadiyah Manyar, Gresik. Lalu, melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Amanatul Ummah Surabaya yang diasuh KH Asep Saifuddin. Setelah itu, kembali ke Gresik dan masuk ke Smanusa.

Ratu tidak menyangka bisa diterima Unair. Ketika mengetahui namanya lolos di jurusan Ilmu Politik, Ratu mengaku menangis bahagia. Meski sebetulnya jurusan itu pilihan kedua, namun diterima di Unair merupakan kebanggaan tersendiri. Sedangkan pilihan pertamanya adalah ilmu hukum.

‘’Bersyukur dan saya sudah mantap untuk di ilmu politik. Sudah daftar ulang. Memang sudah sesuai dengan keinginan saya. Mohon doanya,’’ kata Ratu kepada Jawa Pos, Senin (4/4) sore.

Wajar saja, Ratu bisa menembus Unair. Prestasi akademiknya bagus. Di sekolahnya, selalu mendapatkan rangking tiga besar. Selain itu, dia juga memiliki sejumlah prestasi nonakademis. Ratu juga termasuk salah seorang tahfid Alquran sebanyak 15 juz.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: