alexametrics

Pameran Beragam Keris dan Pusaka Nusantara Tergelar di Sidoarjo

4 Maret 2022, 13:14:29 WIB

JawaPos.com- Sekitar seribu keris dan pusaka dipamerkan di Pendapa Delta Sabha Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo. Pameran yang digelar sejak Rabu (2/3) hingga Minggu (6/3) mendatang itu menampilkan beragam keris dan pusaka Nusantara. Salah satunya keris peninggalan Kerajaan Jenggolo.

’’Ini keris paling tua yang saya bawa, namanya keris Pusaka Jenggolo dari tahun 900-an Masehi, peninggalan Kerajaan Jenggolo,’’ ujar kolektor sekaligus koordinator pameran Sumedi Pho.

Pria yang akrab disapa Pak Pho itu menjelaskan, ada yang menarik dari keris itu. Yakni, di kedua sisinya ada motif yang berbeda atau biasa disebut memiliki pamor slewa.

’’Sisi kiri mirip kulit semangka, sisi kanan motif pendaringan kebak atau bermakna rezeki yang tidak habis-habis,’’ katanya. Pak Pho menyebut filosofi keris itu adalah kemakmuran atau kelimpahan rezeki. ’’Mengandung makna rezeki,’’ katanya.

Selain keris warisan Kerajaan Jenggolo itu, Pak Pho menyebut banyak lagi peninggalan Nusantara yang dipamerkan. Apalagi, ada 30 kolektor yang turut berpartisipasi. Mereka memamerkan beragam keris, pedang, tombak, dan lainnya.

’’Harapannya, dengan pameran ini, masyarakat terus mengenal peninggalan leluhur mereka,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c17/any

Saksikan video menarik berikut ini: