alexametrics

Mobil INCAR Sudah Mengincar Pelanggar Lalu Lintas di Gresik

4 Maret 2022, 21:15:45 WIB

JawaPos.com- Pelaksanaan operasi Keselamatan Semeru 2022 di wilayah hukum Gresik berjalan aman dan kondusif. Terhitung sejak dimulai pada 1 Maret lalu, jumlah pelanggaran lalu lintas kian melandai. Meski demikian, jajaran Satlantas Polres Gresik akan terus meningkatkan operasi di kawasan padat dan ruas jalan utama.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi menyampaikan bahwa hal tersebut dipastikan dari pantauan penindakan pelanggaran melalui mobil integrated node capture attitude record (INCAR). Patroli dilakukan sejak tiga hari terakhir di beberapa ruas jalan utama Kota Pudak.

’’Dari 302 capture atau tangkapan layar, hanya 28 kendaraan yang terkonfirmasi melanggar aturan dan rambu lalu lintas,’’ ungkapnya kemarin (3/3).

Jenis pelanggaran tersebut pun cukup mendasar. Di antaranya, menerobos rambu lalu lintas, melebihi kecepatan, hingga tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi pengendara roda empat. ’’Namun, yang paling mendominasi adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm,’’ terang alumnus Akpol 2012 itu.

Diprediksi, jumlah pelanggar meningkat pada akhir pekan. Meski demikian, jajarannya akan terus meningkatkan patroli dalam operasi Keselamatan Semeru 2022 yang akan berakhir pada 14 Maret mendatang.

Perwira dengan tiga balok di pundak itu menambahkan, nantinya para pelanggar yang terekam INCAR mendapat surat tilang di kediaman masing-masing. Mereka akan diarahkan untuk mengikuti sidang hingga membayar denda sesuai jenis pelanggaran. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: