alexametrics

Tes Saliva, Cara Pengusaha RHU Skrining Pengunjung Cegah Covid-19

4 Maret 2021, 20:02:54 WIB

JawaPos.com–Pekerja Rumah Hiburan Umum (RHU) turut berpartisipasi dalam menurunkan angka penyebaran Covid-19. Hal itu diwujudkan dengan melakukan skrining menggunakan tes saliva atau liur pengunjung sebelum masuk kafe. Salah satunya Buro Beer Garden Cafe. Per Maret, kafe di Jalan Sumatera itu mewajibkan pengunjung untuk melakukan tes di pintu masuk.

John Suy, ketua Perkumpulan Pekerja Rumah Hiburan Umum (Perperhu) Jawa Timur mengatakan, kebijakan itu sebagai bentuk dukungan pada pemerintah.

”Sekaligus bukti kalau RHU turut mengurangi penyebaran virus Covid-19. Harapannya, RHU bisa buka lagi dengan menggunakan prokes ketat dan skrining tepat,” tutur John Suy pada Kamis (4/3).

Menurut dia, tes saliva sebelum tamu masuk dimaksudkan untuk membuat kafe lebih steril. ”Kalau ada tamu yang dinyatakan pisitif, nggak boleh masuk. Yang di dalam itu negatif. Clear semua,” tegas John Suy.

Sekjen Perperhu Tri Andi menegaskan, tes saliva dipilih karena lebih efektif dan gampang. Selai itu, tes tersebut hanya membutuhkan waktu 3–5 menit.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads