Polisi: Cari Jalur Alternatif, Hindari Jalan Raya Duduksampeyan Gresik

4 Februari 2023, 11:54:04 WIB

JawaPos.com- Proyek nasional betonisasi Jalan Gresik-Lamongan, tepatnya di Jalan Raya Duduksampayen, berlanjut. Imbasnya, seperti sebelum-sebelumnya, kemacetan panjang di titik tersebut.

Karena itu, Jajaran Satlantas Polres Gresik melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut. Mereka mengimbau kendaraan roda empat atau lebih untuk menggunakan jalur alternatif. Tujuannya, meminimalkan kemacetan. Khususnya saat pagi dan sore.

’’Petugas satlantas terus bersiaga. Mengatur lalu lintas supaya pengendara dari arah Gresik menuju Lamongan dan sebaliknya bisa berjalan lancar,’’ ujar Kasatlantas Polres Gresik AKP Agung Fitriansyah kemarin.

Para personel bersiaga di titik-titik simpul kemacetan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan. Sekaligus menyampaikan akses jalur alternatif yang bisa ditempuh pengendara. ’’Dengan penempatan personel di titik-titik yang rawan kepadatan,’’ jelas Agung.

Selain jalur alternatif, pihaknya akan menyiapkan metode pengaturan dengan menggunakan contraflow. Yakni, memberlakukan buka tutup jalan jika terjadi antrean panjang dari arah Lamongan ke arah Gresik atau sebaliknya. ’’Melihat kondisi. Jika arus dari Gresik lebih padat, kami prioritaskan. Begitu juga sebaliknya,’’ terangnya.

Meski demikian, metode itu tidak sepenuhnya berjalan maksimal. Volume kendaraan cukup tinggi hingga membuat arus dari dua arah terhenti. Ditambah, banyak kendaraan yang nekat menerobos kemacetan dengan memaksakan diri melawan arus.

’’Perlu dukungan semua pihak, termasuk pengendara, untuk disiplin mematuhi peraturan lalu lintas. Kendaraan yang nekat menerobos membuat kondisi arus lalu lintas semakin macet,’’ beber Agung.

Kanitturjawali Ipda Bross Tito menambahkan, pihaknya terus berupaya membantu kelancaran lalu lintas di jalan. Kuncinya, ungkap dia, pemakai jalan harus tetap bersabar menghadapi perbaikan jalan. ’’Hindari melawan arah juga supaya tidak mengular dan berdampak ke pengendara lain,’’ jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads