alexametrics

Awasi Distribusi Pupuk Bersubsidi, PG Bangun Sistem Aplikasi Digital

4 Februari 2022, 08:45:12 WIB

JawaPos.com- Musim tanam tahun ini berjalan pada April-September 2022. PT Petrokimia Gresik (PG), perusahaan solusi agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi.

Pengawasan tersebut dilakukan melalui penerapan sejumlah sistem dan aplikasi digital. Yakni, seperti Warehouse Management System (WMS), Sistem Scheduling Truk Online (Sistro), dan Petrokimia Gresik Port Information System (Petroport).

Direktur Operasi & Produksi PG, Digna Jatiningsih menyatakan bahwa sistem aplikasi digital dibangun untuk memperkuat pengawasan di seluruh jaringan distribusi yang menjadi tanggung jawab PG.

Mulai dari pabrik (Lini I) sampai dengan gudang di tingkat provinsi (Lini II), selanjutnya ke gudang di tingkat Kabupaten (Lini III), kemudian diteruskan ke gudang distributor di tingkat kecamatan, hingga distributor mengirimkan ke kios-kios resmi di tingkat desa (Lini IV).

‘’Kami ingin memastikan proses distribusi di seluruh lini yang menjadi tanggung jawab Petrokimia Gresik berjalan dengan baik dan sesuai prosedur,” tegas Digna, kemarin (3/2).

Kebijakan itu sejalan dengan program holding Pupuk Indonesia, yang saat ini tengah meningkatkan digitalisasi proses distribusi pupuk bersubsidi melalui Distribution Planning and Control System (DPCS). Selain itu, Pupuk Indonesia juga sedang melakukan uji coba penebusan pupuk secara online menggunakan aplikasi Retail Management System (RMS).

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : galih wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads