alexametrics

Sebulan Tak Masuk Kerja, PNS Jadi Buron

Kasus Penipuan CPNS
4 Januari 2022, 11:48:57 WIB

JawaPos.com – TI, pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Surabaya, ditetapkan sebagai tersangka sekaligus buron dalam kasus penipuan calon PNS (CPNS). Polisi sudah melayangkan panggilan, tapi dia tidak datang. Saat didatangi ke rumahnya pun, TI sudah menghilang.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana menyatakan, TI ditetapkan sebagai buron karena dianggap tidak memiliki iktikad baik. TI tidak pernah memenuhi panggilan pemeriksaan dari penyidik. ”Jadi salah satu perkara atensi kami di awal tahun ini,” ujarnya Senin (3/1).

Menurut dia, perburuan TI tidak hanya melibatkan seluruh unit Satreskrim Polrestabes Surabaya. Namun juga semua jajaran kepolisian. ”Tinggal menunggu waktu, pasti tertangkap,” katanya.

Mirzal menampik anggapan penanganan perkara itu disebut lambat sehingga terlapor menghilang. Menurut dia, proses hukum harus dijalankan sesuai dengan prosedur. ”Nggak bisa asal tangkap. Buktinya harus kuat dulu,” tutur perwira asal Pacar Keling tersebut.

Alumnus SMAN 4 Surabaya itu menambahkan, penyidik sudah berupaya melakukan klarifikasi terhadapnya setelah dilaporkan. TI dipanggil sebagai saksi sekitar sebulan lalu. Namun, dia tidak memenuhi panggilan tanpa alasan yang jelas.

TI lantas diberi surat panggilan kedua. Tetapi, dia tetap tidak datang. ”Dari situ penyidik melakukan gelar perkara untuk menentukan langkah selanjutnya. Hingga yang bersangkutan kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan buron,” paparnya.

Mirzal mengungkapkan, penyidik langsung mendatangi rumahnya sesaat setelah panggilan kedua tidak dipenuhi. Tempat tinggal TI kosong. Beberapa hari berselang, rumahnya kembali didatangi. ”Hanya ada istri tersangka,” sebutnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c19/eko

Saksikan video menarik berikut ini: