alexametrics

Kontak Erat Pasien Varian Omicron di Surabaya Dikarantina Mandiri

4 Januari 2022, 14:16:04 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 15–16 orang yang menjadi kontak erat pasien Covid-19 varian Omicron telah dilakukan tracing oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Tracing sudah keluarga dan lingkungan, kurang lebih 15–16 orang. Semua karantina mandiri. Hasil tracing semua negatif kecuali cucunya. Cucunya itu beda rumah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono, Selasa (4/1).

Erwin menyebut, kondisi keduanya saat ini baik. Kini fokus memulihkan kondisi fisik pasien. ”Saat ini pasien kondisinya baik, yang kita inginkan secara fisik baik tapi bantu doakan lebih baik,” jelas Erwin.

Ditanya apakah pasien telah mendapatkan vaksin 2 dosis, Erwin hanya mengatakan, ada kemungkinan penerima vaksin bisa terpapar varian Omicron. ”Apakah bisa terpapar bisa, lalu bisa sakit tapi tidak sampai berat. Sehingga vaksin kunci terbaik tapi ingat prokes kunci terbaik,” papar Erwin.

Erwin menjelaskan, 1 orang pasien asal Kota Surabaya sebelumnya berlibur ke Bali pada 20–25 Desember. Dia berlibur bersama suaminya membawa kendaraan pribadi.

”20 Desember pergi ke beberapa tempat, tanggal 25 pulang ada keluhan itu ada nyeri tenggorokan berlendir pilek, tanggal 28 pemeriksaan PCR hasilnya positif dilakukan pemeriksaan WGS sehingga dengan begitu lengkap sesuai regulasi pusat. Sehingga berhasil menemukan,” urai Erwin.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: