alexametrics

Gubernur Khofifah Instruksikan Siaga Bencana di Jatim hingga April

4 Januari 2022, 13:48:33 WIB

JawaPos.com – Berdasar prediksi BMKG, intensitas hujan akibat dampak fenomena La Nina bakal berlangsung hingga April mendatang. Karena itu, mitigasi dan waspada terhadap dampak fenomena La Nina tersebut tetap disiagakan.

Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat memimpin apel awal tahun di halaman kantor BPBD Jatim. ”Hingga April nanti, curah hujan masih berpotensi tinggi. Karena itu, tetap waspada dan siaga,’’ katanya.

Wajar jika orang nomor satu di Jatim tersebut mewanti-wanti agar jajaran BPBD untuk siaga. Sebab, hantaman bencana datang silih berganti di provinsi itu. Mulai banjir bandang, gempa, hingga awan panas guguran (APG) yang terjadi di Lumajang.

Fenomena tersebut merupakan bukti perubahan iklim dan kebencanaan berlangsung dinamis. ”Koordinasi harus diperkuat agar antisipasi dampak bencana bisa dilaksanakan dengan baik,’’ ucapnya.

Dalam apel tersebut, Khofifah juga kembali menginstruksikan agar pencegahan dan penanganan bencana melibatkan banyak lembaga dan organisasi perangkat daerah (OPD). ”Sinergi dan kolaborasi menjadi penting. Semua OPD harus terlibat. Karena itu, koordinasi sangat dibutuhkan,” katanya.

Apel tersebut diikuti Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, pejabat OPD, dan ASN Pemprov Jatim.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c13/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads