alexametrics

Juara Nasional GTK, Salawat Iringi Kepulangan Guru MTs NU Gresik

3 Desember 2021, 08:14:29 WIB

JawaPos.com- Kepulangan Muhammad Faiq Rofiqi di sekolahnya, Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Gresik, Kamis (2/12) mendapat sambutan tidak seperti biasa. Siswa dan guru berjajar di sekolah yang berlokasi di Trate tersebut. Irama hadrah dan dendang salawat mengiringi. Juga, dikalungi mawar.

Sambutan semarak itu bukan tanpa alasan. Sebab, Faiq baru saja mendapatkan juara I dalam kompetisi guru dan tenaga kependidikan (GTK) Kemenag RI. Penghargaan itu membanggakan lantaran Faiq menyisihkan ratusan peserta dari sekolah-sekolah besar se-Indonesia. Bahkan, sekolah madrasah negeri.

Kompetisi itu digelar dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional 2021 di Jakarta. Alumnus Universitas Brawijaya tersebut meraih juara untuk kategori laboran. Dia berhasil mempersembahkan satu karya inovasi, biobaterai.

“Bagi saya ini prestasi luar biasa, karena pesertanya itu dari seluruh Indonesia. Para nominator lainnya juga luar biasa semua. Banyak yang dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN),” ujar Faiq.

Di MTs NU Trate, Faiq adalah guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebetulnya, dia tidak menyangka karyanya menyedot perhatian dewan juru hingga dinobatkan sebagai pemenang. Biobaterai diciptakan dari bahan daur ulang sampah. Karena itu, lebih ramah lingkungan. “Fungsinya sebagai media pembelajaran anak didik dalam pelajaran IPA,” katanya.

Untuk memfungsikan alat penghasil arus tersebut, caranya mudah. Cukup menghubungkan kabel pada tembaga dan besi yang ada. Agar bisa menciptakan arus, ada cairan khusus yang diletakan di sebuah alat. Faiq memakai bekas kaleng rokok. Selanjutnya, diukur tegangan dan arusnya. Lalu, lampu akan menyala sendiri.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads