alexametrics

Periksa Armada Jelang Libur Nataru, Rem dan Ban Jadi Perhatian

3 Desember 2019, 18:48:51 WIB

JawaPos.com – Volume perjalanan angkutan umum diprediksi meningkat pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) mendatang. Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Wilayah Jatim memeriksa kelaikan kendaraan (ramp check) di Terminal Purabaya. Sebanyak 30 bus antarkota dan antarprovinsi diperiksa. Upaya ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang.

Pemeriksaan kendaraan dilakukan secara menyeluruh. Interior dan bagian luar bus. Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian penting. Salah satunya, bagian ban bus. ’’Tak ada yang luput dari pemeriksaan petugas,’’ ucap Kepala BPTD XI Wilayah Jatim Hanura Kelana kemarin pagi (2/12).

Menurut dia, bagian ban bus tidak boleh ada yang berupa perbaikan ban aus atau vulkanisir. Selain itu, ketebalannya perlu diperhatikan. Petugas akan menindak sopir jika ketebalan bannya sudah berkurang 50 persen dari kondisi awal. Sebab, hal tersebut bisa mengancam keselamatan para penumpang. Apalagi saat hujan. Karet ban yang sudah tipis bakal licin jika terkena hujan.

Di samping itu, rem kendaraan juga menjadi perhatian penting. Pemeriksaan bagian dalam umumnya terkait masalah keselamatan penumpang. Terutama saat terjadi insiden yang tidak diprediksi. Misalnya, ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR) atau alat pemecah kaca. Tak ketinggalan, petugas juga melihat bagian kendali sopir.

Kepala Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat menyatakan, lonjakan penumpang kemungkinan terjadi pada H-3 sebelum Natal. Namun, puncaknya bisa juga akan terjadi Senin (23/12) atau H-1 sebelum cuti bersama. Tahun lalu kenaikan penumpang saat Nataru mencapai 50 ribu dalam sehari.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c16/ady



Close Ads