alexametrics

Mayat Janin Hanyut di Kali, Polisi Pastikan Dibuang Ibunya

3 Desember 2019, 17:59:11 WIB

JawaPos.com – Lengkap dengan ari-ari yang masih menempel, janin perempuan mengapung di sungai. Tubuh mungil itu menyembul dari plastik putih. Seorang warga bernama Mayar menemukannya saat memancing kemarin (2/12). Warga geger. Siapa ibunya?

Jasad janin tersebut ditemukan Mayar sekitar pukul 09.00. ’’Waktu itu saya membetulkan kabel yang menggantung di sekitar sungai. Khawatir kesetrum,’’ ujarnya.

Nah, di sekitar kabel itulah Mayar melihat seonggok daging mengikuti aliran air. Pria 53 tahun tersebut sempat ragu dengan hal yang dilihat. Namun, dia akhirnya yakin benda itu memang bayi.

’’Kondisinya lengkap, tangan dan kaki. Termasuk ari-ari yang masih menempel di tubuhnya,’’ ucap Mayar. Dia lantas melapor kepada perangkat desa. Warga Desa Sidorogo dan Desa Banjar Pertapan Maduretno, Kecamatan Taman, berdatangan.

Kabar tersebut juga sampai ke Polsek Taman. Janin malang itu langsung dievakuasi petugas ke RSUD Sidoarjo. Kapolsek Taman AKP Himawan Setiawan memastikan janin perempuan tersebut sengaja digugurkan sang ibu. ’’Menurut hasil otopsi, janin dilahirkan dua hari lalu,’’ ungkapnya.

Apa tanda-tandanya? Kondisi tubuh janin sudah membiru. Bau anyir menyengat. Dia mengaku belum bisa memastikan siapa orang tua yang tega membuang darah daging sendiri itu. ’’Masih kami selidiki. Mohon waktu,’’ katanya.

Secara terpisah, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Sidoarjo Ipda Kadek Intan Pramita Dewi menjelaskan, perbuatan itu tergolong penelantaran anak. Orang tuanya bisa dijerat pasal 308 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. ’’Karena perbuatannya disengaja,’’ tuturnya.

Menurut dia, orang tua tega melakukan hal biadab tersebut karena berbagai faktor. ’’Yang paling dominan adalah aib dan ekonomi,’’ ujarnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yog/c13/roz



Close Ads