alexametrics

Rumah M. Ridwan Dapat Akses Selebar 80 Cm

3 November 2021, 12:48:42 WIB

JawaPos.com – Akses rumah di Jalan Rungkut Menanggal Nomor 31, RT 05, RW 01, milik M. Ridwan yang sempat terisolasi akhirnya dibuka. Pembukaan akses tersebut dilakukan pemilik rumah keluarga Thoif setelah bermediasi di Kelurahan Rungkut.

Rabu (2/11) akses sementara dibuka selebar 60–80 sentimeter di sisi rumah bagian utara. Muhammad Ridwan selaku pemilik rumah yang sempat terblokade mengaku bersyukur atas tercapainya musyawarah mufakat tersebut. Dia mengatakan, pembukaan akses itu dilakukan pukul 07.00–08.00 dengan disaksikan perangkat Kelurahan Rungkut Menanggal.

”Kurang lebih jam 7 pagi. Saya tahunya sudah terbuka kok. Katanya, tadi ada perangkat kelurahan juga,’’ ujarnya kemarin (2/11). Dia menambahkan, pembukaan akses sementara selebar 60–80 sentimeter itu tertuang dalam perjanjian yang dilakukan di kantor kelurahan Senin lalu.

”Iya, akses sementara itu diberi waktu tiga hari. Hari pertama setelah musyawarah, langsung dibuka,’’ ungkapnya. Untuk sementara, akses depan rumahnya hanya dapat dilalui dengan jalan kaki yang melintasi bangunan rumah yang belum jadi.

Untuk akses dengan kendaraan roda dua, pihaknya melewati jalan sisi selatan dengan melintasi rumah keluarga Azizah. Meski sempit, kata dia, akses tersebut masih dapat dilintasi kendaraan dengan cara menuntun sepeda motor.

”Jadi, yang pembangunan di samping rumah dicukupkan. Masih bisa buat motor. Motor juga diperbolehkan parkir di luar atau halaman rumah Bu Azizah,’’ paparnya. Meski begitu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas proses musyawarah yang berjalan secara kekeluargaan.

Ketua RW 1 Kelurahan Rungkut Menanggal Sunarwan mengungkapkan bahwa pada dasarnya permasalahan yang menimpa tiga keluarga tersebut semata-mata karena kesalahpahaman. Kini akses jalan kembali dibuka dan dapat dimanfaatkan keluarga M. Ridwan. ”Alhamdulillah aman. Sudah ada solusi dan masing-masing sudah legawa,’’ ujar ketua RW yang sudah menjabat tiga periode itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini: