alexametrics

Progres Frontage Road Gedangan-Buduran Terlambat Enam Persen

3 November 2021, 12:30:42 WIB

JawaPos.com- Pembangunan frontage road (FR) Gedangan sampai Buduran, Sidoarjo, terus berjalan. Selain menuntaskan proyek pengurai kepadatan itu, Pemkab Sidoarjo juga mempercepat pembangunan flyover Aloha.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, bertahap tapi pasti, dua proyek pemecah kemacetan itu akan terwujud. Saat ini, dia menyebut progres pembangunan FR sudah 16 persen dari target 1.600 meter di Gedangan.

Sigit mengakui ada keterlambatan 6 persen dari target. Per kemarin (2/11), seharusnya progress FR sudah 22 persen. Ada sejumlah faktor memengaruhi keterlambatan pekerjaan itu. Di antaranya, pemasangan sheet pile terhambat tiang PLN. Tiang PLN belum dipindah karena pertimbangan teknis operasional.

”Pemindahan mendahulukan kegiatan pemasangan sheet pile, setelah itu baru dilakukan pemindahan tiang PLN,’’ jelas Sigit.

Jika ditotal, ada 32 tiang yang harus dipindahkan dalam proyek tersebut. Sigit menilai jika tiang PLN dipindah dulu, pekerjaan pemasangan sheet pile akan sulit.

Berdasar pengamatan Jawa Pos kemarin, petugas sedang memasang sheet pile di dekat rel kereta api di depan Pasmar Gedangan sisi timur. Selain itu, pemadatan tanah urukan di sana masih dilakukan. Meski persentase masih terlambat dari target, progres pembangunan akan naik signifikan saat konstruksi betonnya mulai dilakukan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini: