alexametrics

Gelar Fashion Show Perayaan Hari Batik di Bandara Juanda

3 Oktober 2019, 20:03:16 WIB

JawaPos.com – Perayaan Hari Batik yang jatuh kemarin (2/10) semarak terlihat di sudut-sudut Kota Surabaya. Kantor-kantor, tempat pelayanan publik, dan sekolah-sekolah menandainya dengan mengenakan baju batik.

Di ruang tunggu Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, perayaannya bikin kaget masyarakat yang menanti terbang atau sedang menjemput. Di sana dihelat fashion show dengan tema batik. Masyarakat di sana pun tidak menyia-nyiakan waktu. Mereka segera mengabadikan para model yang sedang berlenggak-lenggok.

Misalnya, yang dilakukan Narita Dwiningrum. Perempuan berusia 27 tahun tersebut mengaku tak menyangka ada fashion show di Bandara Juanda. Kagetnya dobel. Pasalnya, dia juga baru sadar bahwa kemarin adalah Hari Batik Nasional. ’’Pantesan, semua pegawai di bandara menggunakan pakaian batik. Mulai office boy, petugas keamanan, pramugari, hingga bagian tiketing,’’ kata warga Taman Wonocolo, Sidoarjo, itu, lantas tertawa.

Model saat memperagakan gaun dengan inspirasi batik karya desainer Diah Gardenia di Terminal 2
Bandar Udara Internasional Juanda kemarin. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Communication and Legal Manager Bandara Juanda Yuristo Adhi menjelaskan, berbagai kegiatan diselenggarakan pihaknya dalam menyambut Hari Batik Di antaranya, fashion show dan membatik bersama penumpang. ’’Perlengkapan untuk membatik sudah kami siapkan, termasuk pembimbingan. Ada batik tulis dan lukis. Jadi, penumpang tinggal memilih saja mau membuat batik yang mana,’’ kata Yuris.

Perayaan Hari Batik Nasional sudah dua kali diadakan Bandara Juanda. Dengan acara tersebut, dia berharap pakaian batik lebih disukai masyarakat.

Busana batik yang dipamerkan kala itu merupakan hasil karya desainer Diah Gardenia dari Art Batik Community. ’’Batiknya bertema alam. Motifnya terinspirasi dari tumbuh-tumbuhan, binatang, dan bunga,’’ kata Diah. Motif-motif tersebut dibuatnya untuk mempromosikan keindahan daerah Indonesia bagian timur. Salah satunya, Papua.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/c22/tia


Close Ads