alexametrics

Dosen ITS Bikin Implan Tulang Pinggul Lokal

3 Agustus 2022, 00:02:06 WIB

JawaPos.com- Masalah sendi panggul yang rusak karena osteoporosis biasanya diatasi dengan mengganti sendi baru buatan lewat pemasangan implan. Namun, biasanya implan yang digunakan di Indonesia harus impor.

Karena itu, dosen Departemen Teknik Mesin ITS Fahmi Mubarok menciptakan implan total hip arthroplasty (THA) lokal yang sudah disesuaikan dengan ukuran tulang pinggul masyarakat Indonesia.

Fahmi mengatakan, riset THA lokal tersebut dirancang sejak 2019 hingga 2024 mendatang. Tujuan akhir dari riset itu adalah komersialisasi desain THA dengan diiringi pengawasan dan pengembangan dari implan yang diciptakan. ’’Selama ini, implan yang beredar di Indonesia seluruhnya masih impor,” ungkapnya.

Fahmi menambahkan, ukuran implan impor tersebut belum disesuaikan dengan anatomi atau morfometri masyarakat Indonesia. Desain implan tulang impor memiliki ukuran lebih besar karena dibuat berdasar anatomi penduduk Eropa dan Amerika. ’’Ukuran femoral yang paling banyak digunakan di Indonesia memiliki panjang berkisar 115–160 sentimeter. Ukuran femoral head offset orang Indonesia lebih pendek 35 milimeter dibandingkan dengan orang Swiss atau Prancis,” jelasnya.

’’Uji sampel produk dilakukan oleh Departemen Ortopedi RSUD dr Soetomo diwakili oleh Prof dr Dwikora Novembri Utomo SpOT (K) dan dr Kukuh Dwiputra Hernugrahanto SpOT (K),” pungkasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c17/ai

Saksikan video menarik berikut ini: