alexametrics

Kasus Pengadaan Seragam ASN, Kejari Sidoarjo Periksa Enam Saksi

3 Agustus 2022, 20:08:11 WIB

JawaPos.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo kembali memeriksa saksi dalam kasus dugaan korupsi pakaian seragam di Pemkab Sidoarjo tahun anggaran 2019. Selasa (2/8) penyidik meminta keterangan enam saksi. Mereka terdiri atas empat aparatur sipil negara (ASN) dan dua orang dari perusahaan penyedia seragam.

Kasiintel Kejari Sidoarjo Aditya Rakatama saat ditemui menyatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk melengkapi pernyataan saat penyelidikan. ”Karena para saksi sebelumnya diperiksa dalam penyelidikan. Hari ini (kemarin, Red) pemeriksaan pertama di tingkat penyidikan,” katanya.

Hanya, Rakatama tidak menyebut identitas enam saksi. Dia juga tidak mengungkap jabatan para ASN yang diperiksa secara detail. Hanya dikatakan pegawai di bidang pengadaan barang. Pemeriksaan para saksi dimulai pada pukul 09.00 WIB. Namun, hingga pukul 12.00 WIB para saksi belum selesai diperiksa. Mereka masih berada di ruang penyidikan.

”Sementara masih saksi. Untuk menetapkan tersangka, masih dibutuhkan bukti-bukti,” jelas Rakatama.

Setidaknya harus ada dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka. Namun, kejaksaan memastikan dalam waktu dekat nama tersangka diumumkan. Rakatama menegaskan, bulan ini nama tersangka bisa dirilis ke publik.

Total, ada 20 saksi yang telah dimintai keterangan. Targetnya, sebelum pertengahan bulan, pemeriksaan tuntas. Dengan begitu, nama tersangka dapat diumumkan. ”Jumlah tersangka bisa satu orang atau lebih,” ungkap Rakatama. Mereka yang ditetapkan sebagai tersangka dianggap bertanggung jawab dalam dugaan korupsi tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini: