alexametrics

Permintaan Meningkat, Stok Hewan Ternak Susah Dicari

3 Juli 2022, 18:05:46 WIB

JawaPos.com–Permintaan hewan ternak seperti sapi dan kambing mulai meningkat pada seminggu menjelang Hari Raya Idul Adha. Namun, pedagang hewan kurban di Surabaya kesulitan mencari hewan ternak.

Salah satu penyebabnya adalah karena adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Amin, 65, salah satu penjual hewan kurban mengaku kesulitan mendapat stok hewanternak. Padahal saat ini, peminat dan permintaan pembeli meningkat.

”Namun jumlah ternak tidak sesuai karena kesulitan menemukan hewan ternak bebas PMK. Alhasil harga hewan ternak juga naik. Peminatnya banyak. Karena susah cari sapi,” kata Amin pada Minggu (3/7).

Harga hewan ternak cukup berbeda dibandingkan tahun lalu. Harga sapi rata-rata sebesar Rp 17 juta, dengan harga tertinggi Rp 30 juta.

”Untuk tahun ini, harga mulai Rp 20 Juta hingga Rp 30 juta. Kalau kambing Rp 2,5 juta hingga Rp 6,5 juta,” papar Amin.

Keluhan sama diungkapkan Sutikno, 40. Dia menjelaskan, kondisi itu sebenarnya menjadi peluang baik untuk pedagang hewan kurban. Karena harganya meningkat.

”Kalau pedagang itu merupakan peluang ya. Kalau jaringannya luas ya peluang. cuma kesulitan barang. (Barang) susah ya,” tutur Sutikno.

Serupa dengan Amin, harga hewan ternak yang dijual Sutikno mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Untuk sapi dibanderol sebesar Rp 13,5 juta hingga 30 juta. Sementara itu, harga kambing dimulai dari harga Rp 2,5 juta hingga harga kambing tertinggi Rp 6 juta.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: