alexametrics

Lepas Status Penghasilan Rendah, Warga Surabaya Bisa Tinggal di Rusun

3 Juli 2022, 20:08:19 WIB

JawaPos.com–Janji Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk menggunakan rumah susun khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mulai diwujudkan. Saat ini, Pemkot Surabaya mulai membuat rencana pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami).

Pembangunan rusunami tersebut, akan menggunakan skema anggaran KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha) dan Swasta. Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, pemkot telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait rencana pembangunan rusunami tersebut. Bahkan, Kementerian PUPR sudah melakukan peninjauan.

”Kami arahnya ke depan, saran Pak Wali Kota Eri Cahyadi adalah rusunami bekerja sama dengan pengembang maupun perbankan untuk kredit murah dengan jangka waktu yang lama, mereka (warga) bisa memiliki rusun,” kata Irvan pada Minggu (3/7).

Rusunami disiapkan sebagai opsi bagi warga yang sudah lolos dari MBR dan sebelumnya tinggal di rumah susun sederhana sewa (frusunawa). Warga yang sudah lolos dari MBR itu diharapkan bisa memiliki rumah seperti rusunami dengan angsuran ringan.

”Sehingga rusunawa hanya sebagai transit untuk bisa memiliki rumah, untuk bisa memiliki rusunami dengan dibantu aset-aset kita yang bisa dibangun pengembang, swasta, atau KPBU, dengan perbankan yang menyediakan suku bunga rendah,” jelas Irvan.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya itu memastikan, pemkot akan menyiapkan skema pembayaran rusunami dengan jangka panjang dan angsuran murah. Supaya warga Surabaya bisa memiliki rumah layak huni sesuai dengan kemampuan mereka.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: