alexametrics

Kini, Bisa Menikmati Layanan di Kantor BPN Gresik pada Sabtu-Minggu

3 Juli 2022, 17:00:11 WIB

JawaPos.com- Warga kini bisa menikmati layanan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik pada Sabtu dan Minggu. Jika biasanya libur, kini kantor berlokasi di Jalan Raya Permata, Perumahan Bunder Asri, Kebomas, itu siap untuk melayani masyarakat. Bahkan, mulai kemarin (2/7) layanan itu telah berjalan.

Inovasi tersebut linear dengan arahan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Namun, layanan di pada hari libur, Sabtu dan Minggu, itu dibuka khusus tanpa kuasa. Artinya, pemohon yang harus langsung datang sendiri ke kantor BPN Gresik.

‘’Sesuai perintah dari Bapak Menteri ATR/BPN dan Kakanwil ATR/BPN Jawa Timur, kami sudah siagakan petugas untuk melayani masyarakat di hari Sabtu dan Minggu. Mulai dari pukul 09.00-15.00 WIB. Masyarakat bisa datang untuk mengurus kelengkapan dokumen surat-surat tanah,’’ kata Kepala BPN Gresik Asep Heri, Minggu (3/7).

Dia menjelaskan, kebijakan itu dengan pertimbangan tidak semua masyarakat memiliki waktu untuk datang ke Kantor BPN Gresik pada Senin sampai Jumat. Sebab, merupakan hari aktif kerja. Karena itu, mereka bisa memanfaatkan layanan saat libur pada Sabtu dan Minggu. ‘’Dengan demikian, harapannya bisa mempermudah masyarakat dalam mengurus kelengkapan dokumen pertanahan,” ujarnya.

Karena masih awal dibukan, lanjut Asep, masyarakat yang memanfaatkan layanan hari libur ini belum banyak. Namun, pihaknya optimistis ke depan kesempatan ini bakal dimanfaatkan masyarakat. Dikatakan, BPN Gresik juga akan terus melakukan sosialisasi secara intensif. ’’Layanan ini membuka peluang masyarakat bisa urus surat tanah di akhir pekan,’’ paparnya.

Layanan Sabtu dan Minggu tersebut akan dilaksanakan berkelanjutan. Karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat tidak menyia-nyiakannya. ’’Seperti ketika baru dibuka hari pertama kemarin, ada ibu-ibu datang dan mengurus balik nama. Syarat-syarat lengkap, langsung selesai,’’ ungkapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: