alexametrics

Wapres dan Mensos Risma Bagikan Bantuan Modal Usaha di Surabaya

3 Juni 2022, 13:45:39 WIB

JawaPos.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan beragam bantuan dalam kunjungan ke Surabaya, Kamis (2/6). Dalam kegiatan yang juga dihadiri Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini itu, warga menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari program Kemensos. Di antaranya, bantuan kewirausahaan untuk modal usaha.

Bantuan itu diharapkan bisa memajukan usaha warga. Ada juga santunan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) dari BPJS Ketenagakerjaan serta beasiswa dan bantuan santripreneur. Selain itu, ada bantuan minyak goreng. ’’Mudah-mudahan bantuan pemerintah ini bisa memberdayakan masyarakat,’’ kata Ma’ruf.

Wapres tiba di halaman Balai Pemuda, tempat berlangsungnya acara, pukul 14.59. Kedatangannya disambut Tri Rismaharini dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Mereka langsung masuk ke Balai Pemuda. Wapres memberikan bantuan secara simbolis. ’’Kami harapkan bisa meringankan beban masyarakat dan bisa memajukan usaha,’’ papar Ma’ruf.

Risma menyampaikan, penyaluran bantuan itu merupakan kegiatan rutin Wapres dalam kunjungan ke daerah. Salah satunya berupa penyerahan bantuan modal usaha untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). ’’Selain menerima bansos, mereka punya usaha yang harus diberdayakan,’’ papar Risma.

Ada juga bantuan usaha toko kelontong. Itu diberikan ke istri penyandang disabilitas tunanetra. Juga, ada beasiswa untuk santri dan santriwati yang disalurkan melalui Badan Zakat Nasional (Baznas). ’’Harapan Pak Wapres, ada peningkatan kesejahteraan bagi penerima manfaat,’’ jelas Risma.

Eri mengatakan, total penerima bantuan sebanyak 60 orang. Semuanya warga metropolis. Eri berharap bantuan itu bisa memajukan usaha mereka. ’’Kami beri modal untuk mereka berusaha. Tapi, tidak selamanya mengandalkan BLT. Warga harus berdaya,’’ tegasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini: