alexametrics

PSBB Surabaya: 2.748 Kendaraan Dipaksa Putar Balik dari Suramadu

3 Mei 2020, 17:48:25 WIB

JawaPos.com – Seiring berjalannya program pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan larangan mudik, penjagaan di pintu masuk ke Kota Surabaya makin diperketat. Di kawasan Jembatan Suramadu, polisi semakin tegas pada pengendara. Ribuan kendaraan dipaksa putar balik karena tak memenuhi aturan dalam PSBB.

Jumlah kendaraan yang dipaksa putar balik pun dicatat Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Selama dua hari terakhir, tercatat ada 2.748 kendaraan yang terjaring razia petugas. Seluruh kendaraan distop dan dipaksa putar balik ke Madura.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Sigit Indra menjelaskan, sebagian kendaraan yang putar balik merupakan roda dua. Mereka tidak lolos dalam prosedur pengecekan.

”Banyak yang tidak jelas keperluannya. Ada yang cuma ingin membeli kasur,” kata Sigit.

Menurut dia, polisi telah bertindak tegas. Tidak saja ditegur secara lisan. Banyak pengendara yang diberi teguran tertulis. Mereka diberikan pemahaman terkait aturan PSBB.

Sebab, kata Sigit, masih banyak pengguna jalan yang belum mengetahui aturan PSBB. Buktinya, tak sedikit yang tidak memakai APD saat bepergian. Misalnya, masker dan sarung tangan.

Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Ahmad Faisol menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat terkait kepatuhan PSBB cenderung bertambah. Hal itu dibuktikan dengan kondisi Suramadu kemarin. Jumlah pengendara yang memaksa masuk Surabaya berkurang. ”Yang jelas, pengendara yang nekat akan diberikan sanksi tertulis,” kata Faisol.

Mantan Kapolsek Asemrowo itu mengungkapkan, pengecekan tidak saja dilakukan pada kelengkapan pengendara roda dua. Muatan angkutan juga dicek. Tujuannya, memastikan tidak ada penyelundupan pemudik.

Faisol menyebutkan, ada lebih dari 30 petugas yang berjaga di Jalan Kedung Cowek setiap hari. Mereka berasal dari berbagai instansi. ”Kami juga bekerja sama dengan Polres Bangkalan,” katanya.

Di wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak, pengecekan kendaran tak hanya dilakukan di area Jembatan Suramadu. Ada checkpoint di dua titik lainnya. Yakni, exit toll Perak dan exit toll Surabaya–Gresik di Asemrowo.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c25/git

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads