alexametrics

Sepak Bola Menyatukan Surabaya-Liverpool

2 Desember 2021, 10:27:04 WIB

JawaPos.com – Setiap gol tercipta, tepuk tangan meriah menggema dari bawah tenda di pinggir lapangan Stadion Gelora 10 November Rabu (1/12). Meski hanya latihan, kesannya istimewa. Sebab, pertandingan itu disaksikan langsung oleh Duta Besar Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins.

Owen terus mengamati jalannya pertandingan. Aksi para pemain junior Surabaya itu sangat menarik perhatiannya. ”Sangat menyenangkan melihat para pemain muda ini berlatih sepak bola,” kata Owen Jenkins kepada wartawan kemarin.

Dia menyampaikan, kedatangannya ke Kota Surabaya bertujuan spesial. ”Yaitu, merayakan kerja sama hebat kemitraan sister city antara Surabaya dan Liverpool dalam banyak sektor. Salah satunya, sepak bola,” jelas Owen.

Kunjungan Owen Jenkins tersebut semakin meneguhkan kerja sama antara Surabaya dan Liverpool yang sudah terjalin lama.

Hubungan sister city kedua kota berlangsung di berbagai bidang. Mulai sepak bola, ekonomi, kebudayaan, hingga pendidikan. ”Dan, sepak bola adalah salah satu elemen yang menyatukan Inggris dan Indonesia karena kedua negara sangat menyukai olahraga sepak bola,” paparnya.

Owen pun berencana memboyong sejumlah pemain muda Surabaya untuk merasakan program pelatihan. Mereka bisa berlatih di Inggris bersama para pemain profesional di klub-klub elite. Salah satunya di Tranmere Rovers FC.

Menurut dia, ada beberapa program pelatihan yang telah melibatkan pemain muda Indonesia. Dengan begitu, Owen berharap Indonesia secara umum memiliki kualitas sepak bola yang lebih baik ke depan. ”Karena Indonesia memiliki hasrat yang besar di bidang sepak bola,” ujarnya.

Selain sepak bola, anak-anak Surabaya berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar ke Inggris. Salah satunya melalui program beasiswa Chevening yang saat ini berjalan di Indonesia. ”Para pelajar muda di Surabaya atau Indonesia bisa mengambil kesempatan itu,” tuturnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c14/git

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads