Arek Suroboyo Tolak Aksi Reuni 212

2 Desember 2021, 19:49:47 WIB

JawaPos.com–Aksi penolakan gerakan reuni 212 dilaksanakan di Surabaya. Kamis (2/12) siang, Gedung Negara Grahadi didatangi ratusan massa yang mengaku berasal dari Arek Suroboyo.

Mereka menggelar aksi demo di depan Gedung Negara Grahadi sebagai bentuk penolakan Reuni 212 di Surabaya. Dalam aksinya tersebut, massa yang mengenakan pakaian hitam dan putih membawa bendera merah putih. Mereka juga tampak membentangkan poster berukuran besar.

Arek Suroboyo Wani, tetap merah putih tetap pancasila. Tolak gerakan 212,” tulis tuntutan yang dibawa para demonstran.

Diana Rosiana, salah satu peserta massa aksi mengatakan, aksi tersebut merupakan penolakan adanya reuni 212. Diana khawatir reuni 212 akan memecah belah persatuan Indonesia.

”Jadi bukan hanya reuninya saja yang kami tolak. Tapi semua gerakan yang berakar dari radikalisme dan intoleran,” ucap Diana.

Aksi itu diikuti 20 elemen masyarakat di Surabaya. Mereka tergabung dalam kelompok Arek Suroboyo. Mereka menyatakan sepakat jika Reuni 212 merupakan gerakan memecah belah NKRI.

”Negara ini sudah merdeka, jangan dikotori dengan kaum-kaum yang tidak bertanggung jawab. Kami masih hidup, kami Indonesia, kami NKRI dan kami Suroboyo harus berani melawan,” tutur Diana.

Demo berlangsung selama hampir satu jam. Mereka mengawali demo dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian menyerukan tuntutan.

Sementara itu, aksi reuni 212 dikabarkan tak mengantonig izin dari kepolisian. Polda Metro Jaya memutuskan tidak memberikan izin keramaian untuk kegiatan reuni 212 di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Endra Zulpan mengatakan, petugas tetap melakukan pengawasan di lapangan. Namun, pengawasan berjalan normal, tidak dilakukan peningkatan.

”Jadi tidak ada hal yang khusus perkuatan, tidak ada. Hanya kegiatan rutin saja yang dilakukan anggota di lapangan,” kata Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol E. Zulpan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads