alexametrics

Eri Unggul Survei SSC, Peneliti Sebut Berkat Pengaruh Risma

2 Desember 2020, 19:56:16 WIB

JawaPos.com–Jelang pemilihan wali Kota Surabaya pada 9 Desember, lembaga riset politik Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei terbaru Pilkada Surabaya pada Rabu (2/12) di Hotel Narita Surabaya. Hasilnya, elektabilitas pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Nomor Urut 1 Eri Cahyadi dan Armuji di angka 49,9 persen. Sedangkan Paslon Nomor Urut Dua Machfud Arifin dan Mujiaman sebesar 38 persen.

Survei itu dilakukan pada 19–24 November atau dua pekan sebelum pemungutan suara 9 Desember. Melibatkan 880 responden, dengan margin of error dari survei itu 3,3 persen.

Dari sisi popularitas, Eri-Armuji unggul dari Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Nomor 2 Machfud Arifin dan Mujiaman. Berturut-turut, Eri Cahyadi 92 persen, Machfud Arifin 86,9 persen, Armuji 84,1 persen, dan Mujiaman 74,9 persen.

Pun demikian dengan top of mind pasangan, Eri-Armuji mendapatkan 46,1 persen dan Machfud-Mujiaman 35,9 persen. ”Pasangan nomor urut 1 memang cukup populer, baik dari individu maupun pasangan,” tutur Ikhsan Rosidi, peneliti SSC.

Sementara itu, akseptabilitas atau penerimaan untuk masing-masing calon Eri juga diunggulkan. Angkanya, Eri 60 persen, Machfud Arifin 53,8 persen, Armuji 47,5 persen, dan Mujiaman 42 persen.  Berbanding lurus dengan hal tersebut, elektabilitas Eri-Armuji unggul. Angkanya, 49,9 persen responden memilih Eri-Armuji dan sebanyak 38,1 persen memilih paslon nomor urut Machfud Arifin-Mujiaman atau selisih 11,8 persen.

SSC juga meneliti kontribusi tingginya elektabilitas paslon nomor urut 1. Salah satu indikatornya adalah kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mencapai 95 persen. Variabel tersebut mempengaruhi pilihan warga yang disarankan Risma. Sebanyak 45,6 persen pasti memilih calon yang direkomendasikan Risma, 30,3 persen belum pasti, sisanya tidak. Serta 82,8 persen responden tahu kalau paslon nomor urut 1 didukung Risma.

”Risma memiliki pengaruh cukup besar untuk mempengaruhi pemilih di Surabaya. Hal ini tak lepas dari prestasi Risma selama memimpin di Surabaya,” kata Ikhsan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika


Close Ads