alexametrics

Rutan Gresik Tenggelamkan Ponsel Selundupan Napi di Akuarium Air Asin

2 November 2021, 12:46:51 WIB

JawaPos.com–Cara khusus ditempuh Rutan Gresik untuk membuat jera para warga binaan (WBP) atau napi. Salah satunya, menenggelamkan ponsel selundupan di akuarium air asin. Warga binaan dan pengunjung bisa melihat langsung ratusan handphone yang digerogoti air garam.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyebutkan, itu jadi salah satu upaya untuk membuat pelanggar jera. Sebelum ditenggelamkan, petugas menghancurkan telepon tersebut dengan cara dipalu. Setelah dipastikan tidak berfungsi, petugas baru menenggelamkan handphone dalam akuarium bervolume 4 meter kubik.

”Kebijakan ini sekaligus sebagai bentuk transparansi bahwa kami selalu memerangi adanya penyelundupan handphone dalam lapas/rutan,” ujar Krismono pada Selasa (2/11).

Kepala Rutan Gresik Aris Sakuriyadi menjelaskan, sejak Januari, ada ratusan handphone yang dimasukkan ke akuarium tersebut. Semuanya merupakan hasil penggeledahan kamar hunian warga binaan.

”Setelah dilakukan inventarisir dan dilaporkan ke kanwil, kami langsung memastikan handphone tersebut tidak dapat  difungsikan lagi,” tutur Aris.

Aris menyebutkan, pihaknya rutin melakukan penggeledahan blok hunian setiap minggu. Selain itu, ada juga penggeledahan tentatif yang bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Bagi mereka yang melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi tegas. Sanksi yang diberikan sesuai dengan amanah Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads