alexametrics

Ikut Vaksinasi sambil Jalan-Jalan Menikmati Produk Hasil Tani di Mal

2 Oktober 2021, 06:21:34 WIB

JawaPos.com- Wilayah aglomerasi Surabaya Raya sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri), sejauh ini sejatinya masih berstatus PPKM level 3. Namun, pemberian pelonggaran oleh pemerintah demi pemulihan ekonomi, belakangan membuat aktivitas masyarakat kian meningkat. Termasuk di pusat-pusat perbelanjaan dan sejumlah tempat wisata.

Di Kabupaten Gresik, misalnya. Dinas Pertanian Pemkab Gresik bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gresik tengah menyelenggarakan Pameran Gelar Produk Hasil Tani di IconMall. Jumat (1/10), Bupati Fandi Akhmad Yani membuka pameran yang berlangsung hingga Minggu (3/10) itu.

Dalam pameran itu, beragam olahan hasil pertanian, bahan pangan, hingga tanaman bisa dinikmati pengunjung. Tidak sedikit produk yang sudah menembus pasar ekspor. Puluhan anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Gresik dan BUMN juga turut menyemarakkan pameran tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor ketahanan pangan di Gresik memang menunjukkan tren menggembirakan. Masih tetap bisa survive di tengah hantaman pandemi Covid-19. Produksi padi dan beras, misalnya. Setiap tahun surplus ribuan ton. Gresik pun menjadi salah satu daerah penyanggah pangan untuk Provinsi Jatim.

Dalam sambutannya, Bupati mewacanakan untuk mengintegrasikan sektor pertanian dan pariwisata. Sebab, dua sektor itu semakin memiliki daya tarik dan terbilang menjanjikan. Kini, banyak daerah yang telah mengembangkan konsep baru. Yakni, mendorong peningkatan produksi pertanian, tanaman pangan, sekaligus membuka destinasi wisata.

“Hari-hari ini barangkali masyarakat sudah jenuh, sehingga memilih wisata alam. Apakah ini bisa diintegrasikan dengan sektor pertanian? Tentu saja sangat bisa. Bahkan, menjadi peluang,” ujar Yani,

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son

Saksikan video menarik berikut ini: