alexametrics

20 Ribu Nakes di Surabaya Bakal Dapat Vaksin Dosis Keempat

2 Agustus 2022, 23:27:28 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya akan laksanakan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan kedua (booster kedua) bagi sumber daya manusia bidang kesehatan (SDM kesehatan) atau nakes. Hal itu sesuai dengan SE dari kementerian kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, akes merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. Pihak tengah menyiapkan teknis pelaksanaan kegiatan dan menunggu dropping vaksin dari pemerintah pusat pada Agustus ini.

”Dengan adanya peningkatan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 dan mempertimbangkan rekomendasi Komite Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua bagi SDM kesehatan,” papar Nanik, Selasa (2/8).

Dia menjelaskan, waktu pelaksanaan vaksinasi booster kedua bagi SDM kesehatan di Kota Surabaya akan dilaksanakan pada minggu pertama Agustus, segera setelah dropping vaksin tiba di Kota Surabaya. Sasaran SDM kesehatan untuk vaksinasi booster kedua di Kota Surabaya lebih kurang 20.000 sasaran siap vaksin.

”Kota Surabaya mengajukan permintaan tahap I sejumlah 5.000 dosis vaksin,” tutur Nanik.

Dia menambahkan, apabila vaksin dosis booter kedua juga akan diterapkan bagi masyarakat umum, Dinkes Kota Surabaya akan menindaklanjuti kebijakan tersebut. Hal itu dilakukan setelah ada Juknis dan ketentuan resmi dari pemerintah pusat.

Cakupan vaksinasi Covid-19 Kota Surabaya per 31 Juli, untuk dosis satu sebanyak 2.946.804 atau 118,39 persen. Kemudian dosis dua sebanyak 2.581.752 atau 103,72 persen, dan dosis tiga sebanyak 1.102.921 orang atau 49,72 persen.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: