alexametrics

Samsat 4.0 Jatim Raih Top 5 Inovasi Terpuji dari Kemen PAN-RB

2 Agustus 2021, 06:06:07 WIB

PROVINSI Jawa Timur kembali menorehkan prestasi membanggakan di skala nasional. Untuk kali pertama, inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Indonesia sukses menorehkan prestasi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang digelar Kementerian PAN-RB. Inovasi itu berupa Samsat 4.0 yang merupakan transformasi digital dari ATM Samsat.

Samsat 4.0 menjadi satu dari lima pemenang kategori Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dalam KIPP 2021. Penghargaan itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1024 Tahun 2021 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP.

Samsat 4.0 juga merupakan layanan pembayaran pajak digital dengan bukti bayar sekaligus pengesahan berbasis QR code pertama di Indonesia.

”Alhamdulillah, kinerja luar biasa yang telah ditunjukkan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Jatim terus diiringi inovasi pelayanan publik yang transformatif dengan perkembangan teknologi terkini,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi atas capaian Samsat 4.0 di KIPP 2021, Jumat (30/7).

Khofifah berharap penghargaan tersebut bukanlah akhir dari inovasi bapenda demi memberikan layanan yang cepat, efektif, dan efisien bagi wajib pajak kendaraan bermotor di Jatim.

Pembayaran pajak melalui Samsat 4.0 saat ini dapat dilakukan melalui Tokopedia, Linkaja, Klik Indomaret, Gopay, Griya Bayar BTN, dan Bukopin.net. Pembayaran juga dapat dilakukan di Kantor Pos, Indomaret, Alfamart, dan Samsat Bunda (Badan Usaha Milik Desa). (c17/kkn)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads