alexametrics

Luar Biasa Aksi Kemanusiaan Seorang Polisi dari Polres Gresik Ini

2 Agustus 2021, 20:56:26 WIB

Jawa Pos.com – Aksi kemanusiaan salah seorang anggota kepolisian ini terbilang luar biasa. Dia adalah Bripka Nuki Seputro, anggota Satlantas Polres Gresik. Pria 34 tahun ini sudah berdonor plasma konvalesen sebanyak 9 kali untuk membantu kesembuhan pasien Covid-19.

Di sela-sela bertugas, Nuki mengaku belakangan rajin mendatangi kantor UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Gresik. “Sejak Februari lalu, kalau di rata-rata dua kali dalam sebulan,” ujarnya, Senin (2/8).

Nuki mengetahui donor juga merupakan salah satu metode imunisasi pasif. Karena itu, sebagai penyintas Covid-19, dia pun rajin memberikan plasma darahnya kepada pasien positif yang sedang dirawat melalui PMI. Selain membantu pasien yang sangat membutuhkan, juga sebagai terapi tambahan pengobatan dengan mengajak orang yang telah sembuh agar menjadi pendonor juga.

Bukan tanpa kisah pilu polisi kelahiran Sekardangan, Sidoarjo, itu menjadi terpanggil rasa kemanusiannya. Nuki dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada Januari 2021 lalu. “Begitu sembuh, kebetulan saat itu juga ada program dari pimpinan uagar donor plasa konvalesen, saya langsung bersedia. Apalagi sebelumnya sudah rutin ikut donor darah,” jelasnya.

Nuki masih ingat betul saat menjalani perawatan setelah terpapar Covid-19. Awalnya kaget. Namun, dia pun memilih pasrah menjalani. Selama 10 hari, dia dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Beruntung, banyak pihak yang membantunya untuk segera pulih. Termasuk memberikan dorongan semangat. “Dukungan terus mengalir dari keluarga, kerabat, tidak terkecuali rekan-rekan seprofesi. Itu sangat menguatkan saya,” ujarnya.

Motivasi Nuki terlecut. Semangat untuk sembuh begitu menggelora. Hingga akhirnya dinyatakan negatif dari Covid-19. Dia menyadari betul bagaimana kesulitan yang dialami para pasien. Bahkan, termasuk anggota keluarganya. Sebab, saat menjalani isolasi di rumah sakit, tidak  ada keluarga yang menunggui. Tidak seperti sebelum pandemi Covid-19.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads