alexametrics

TNI Sebar Babinsa untuk Ikut Awasi Kesehatan Hewan Ternak

Pemkab Tetap Larang Jualan di Jalanan
2 Juli 2022, 21:52:28 WIB

JawaPos.com- Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli mendatang. Biasanya, beberapa hari menjelang Idul Kurban seperti sekarang, sudah banyak bermunculan pedagang hewan ternak di Gresik. Baik sapi maupun kambing. Di tepi jalan maupun lapangan. Termasuk ketika pandemi lalu.

Tahun ini, Pemkab Gresik melarang penjualan hewan ternak di jalan-jalan atau lapangan umum. Maklum, persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Gresik sejauh ini masih lumayan tinggi. Namun, pemerintah sudah melakukan sejumlah antisipasi. Mulai pengawasan hingga pemberian vaksinasi.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pemkab Gresik Eko Anindito menyatakan, pihaknya terus memantau penjualan hewan kurban. Petugas akan memastikan tahun ini tidak ada penjualan hewan kurban di pinggir jalan. Sejak jauh-jauh hari, pihaknya sudah menyampaikan bahwa penjualan hewan kurban berbasis di kandang.

Hal itu tidak lain bertujuan mencegah penularan PMK. Sebab, penyakit itu menularnya cepat. Kalau ada yang nekat membuka lapak di pinggir jalan, petugas akan lebih dulu memberikan imbauan dan sosialisasi.

Jika masih membandel, baru akan dilakukan penutupan paksa. Dispertan sudah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk memetakan titik-titik yang biasa menjadi tempat penjualan hewan kurban.

‘’Karena tingkat kehatian-hatian kita tinggi. Khawatirnya ketika lapak-lapak pinggir jalan dibuka, nanti pasar hewan ikut buka. Ini bisa memperparah penyebaran virus. Sehingga kami tetap imbau pembelian berbasis kandang untuk menekan penularan PMK,” ujarnya sebagaimana dikutip Jawa Pos Radar Gresik, Jumat (1/7).

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: