alexametrics

BUMDesma Ada di Gresik, Halim: Nanti Dikembangkan di Seluruh Indonesia

2 Juli 2022, 19:05:27 WIB

JawaPos.com- Keberadaan uji badan usaha milik desa bersama (BUMDesma) bakal menjadi lembaga keuangan yang kuat. Pertimbangannya, BUMDesma memiliki kapasitas yang memadai sesuai dengan standar yang ditentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

’’Yang paling menarik, BUMDesma sekarang mendirikan PT (perseroan terbatas, Red) untuk mengelola dana bergulir yang didampingi OJK. Nanti kami kembangkan di seluruh Indonesia,’’ kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat kunjungan kerja ke BUMDesma di Kecamatan Bungah, Jumat (1/7).

Menurut dia, BUMDesma merupakan transformasi dari eks unit pengelola kegiatan (UPK). Program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri pedesaan terbentuk karena perintah undang-undang (UU) setelah disahkannya UU Cipta Kerja.

Di Jawa Timur, sambung Halim –sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, ada banyak BUMDesma. Yang sudah selesai ada tujuh BUMDesma dan delapan BUMDesma masih proses dengan OJK. Dengan demikian, jelas dia, BUMDesma Bungah bisa menjadi pilot project.

’’Itu berarti nanti (BUMDesma Bungah, Red) akan menjadi lembaga keuangan yang sangat kuat dan betul-betul memiliki kapasitas yang memadai sesuai standar OJK. Itu sama dengan perbankan,’’ katanya.

Keberadaan BUMDesma telah membawa tatanan perekonomian di wilayah pedesaan menjadi lebih baik. Sebab, ujar Halim, BUMDesma didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat desa untuk saling bekerja sama dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat desa.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: