alexametrics

Go-Food Festival Hadir di Gresik

2 Juli 2019, 17:55:31 WIB

JawaPos.com – Sejak pertama kali dibuka di Jakarta tahun lalu, kini GO-FOOD Festival telah dibuka di 30 titik di berbagai kota di Indonesia. Selama perjalanan tersebut, GO-FOOD Festival sukses menggandeng hampir 1.000 mitra merchant Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Yang terbaru, GO-FOOD Festival baru saja mencetak rekor MURI sebagai jaringan pujasera UMKM dengan lokasi terbanyak di Indonesia. Kesuksesan inilah yang mendorong GO-FOOD Festival untuk kian memperluas jaringannya dan kini telah ekspansi di Icon Mall Gresik untuk menghadirkan ragam kuliner dalam satu tempat.

VP Corporate Affairs for Food & Pay GOJEK Rosel Lavina menuturkan, pihaknya terinspirasi dari semangat dan kesuksesan mitra merchant GO-FOOD yang gigih mengembangkan bisnis kulinernya.

“Melihat ini, kami ingin terus menghadirkan berbagai program inovasi yang tidak hanya mempermudah mereka untuk memperluas akses pasar, tapi juga mendukung mereka untuk semakin giat berinovasi dan menciptakan produk yang memiliki kualitas terbaik di pasaran, salah satunya melalui GO-FOOD Festival,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (2/7).

Di Gresik sendiri, tercatat ada hampir 2 ribu mitra merchant yang saat ini telah bergabung dalam ekosistem layanan pesan antar makanan GO-FOOD. Menurut Rosel, lewat GO-FOOD Festival, mitra merchant UMKM berhasil meningkatkan omzet rata-rata hingga 2 kali lipat.

Hal itulah yang mendasari terus meluasnya titik lokasi GO-FOOD Festival hingga ke Gresik, setelah sebelumnya dibuka di 2 titik lainnya di Jawa Timur. Yaitu di Grand City Mall Surabaya dan Malang City Point. Dukungan GO-FOOD Festival terhadap pertumbuhan UMKM kuliner lokal juga didasari oleh data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur yang merilis angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada 2018 mencapai 5,5 persen.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha penyedia akomodasi dan makan minum yang mencapai 7,63 persen, lalu diikuti jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 7,61 persen . “Kami yakin, dengan dukungan yang berkelanjutan, baik dari sisi teknologi maupun inisiatif perluasan pasar, para mitra merchant UMKM memiliki kesempatan untuk naik kelas,” lanjut Rosel.

Untuk mendapatkan kesempatan membuka gerai di GO-FOOD Festival, mitra merchant harus terlebih dahulu terdaftar sebagai merchant GO-FOOD dan mencatatkan performa yang baik. Dengan membuka gerai di GO-FOOD Festival, mitra merchant juga dapat mengikuti program promosi dengan mudah.

Fasilitas yang disediakan pun lengkap, mulai dari perlengkapan memasak, alat penyimpanan makanan, listrik, hingga tempat berjualan semua disediakan secara gratis. Salah satu merchant GO-FOOD Festival Gresik, MOI Thai Tea, Devisalaomah menceritakan keseruan membuka gerai di GO-FOOD Festival.

“Membuka gerai di GO-FOOD Festival menjadi salah satu pencapaian yang kami tunggu-tunggu, hingga akhirnya bisa buka di Icon Mall Gresik ini. Saya sangat berharap para pengunjung mall bisa memanfaatkan keberadaan tempat ini untuk berburu kuliner terbaik di Kota Gresik dan semoga pertumbuhan transaksi kami pun bisa semakin positif,” katanya.

Sementara itu, kepercayaan mitra merchant UMKM GO-FOOD juga terlihat dari hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang menunjukkan bahwa teknologi ekosistem GO-FOOD membantu 93 persen mitra UMKM untuk meningkatkan volume transaksi. Lalu sebanyak 87 persen mitra UMKM juga menganggap layanan GO-FOOD lebih terpercaya dan aman.

“Hasilnya, mitra UMKM GO-FOOD bisa menyumbang Rp 18 triliun kepada perekonomian Indonesia,” lanjut Rosel.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Charina Marietasari


Close Ads