alexametrics

PDIP Surabaya Gelar Banyak Agenda Peringati Bulan Bung Karno

2 Juni 2022, 19:11:51 WIB

JawaPos.com- Juni juga dikenal sebagai bulan Bung Karno. Banyak peristiwa penting dan bersejarah yang melibatkan nama Presiden pertama RI itu pada Juni. Selain Hari Lahir Pancasila, kelahiran sang Proklamator juga pada bulan enam. Tepatnya, pada 6 Juni 1901.

PDI Perjuangan Kota Surabaya pun menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memperingati bulan Bung Karno tersebut. ’’Ya, Juni menjadi Bulan Bung Karno karena di bulan ini setidaknya ada tiga momen penting dalam kehidupan proklamator kita tercinta tersebut,’’ kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono, Kamis (2/6).

Pertama, pada 1 Juni 1945, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Bung Karno untuk kali pertama menyampaikan gagasan tentang lima sila dasar negara. Kemudian, dinamakan Pancasila yang digali dari kearifan masyarakat Indonesia. Hari itulah, yang kemudian ditetapkan pemerintah menjadi Hari Lahir Pancasila sekaligus menjadi hari libur nasional.

Kedua, pada 6 Juni 1901 merupakan hari lahir Bung Karno di Kota Surabaya.

Bertempat di kampung Pandean Gang IV, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, lahir Bung Karno dengan nama kecil Kusno. Selain tempat kelahiran, Surabaya juga tempat tumbuh putera sang fajar—sebutan lain Bung Karno–sebagai anak muda di zamannya. Di Surabaya, Bung Karno juga masa penggemblengan sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Di Surabaya pula Bung Karno menempuh sekolah menengah dan indekos di kediaman Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Bersama tokoh-tokoh muda pergerakan yang lain, Bung Karno belajar dan menempa diri serta menyerap spirit perjuangan dari HOS Tjokroaminoto, yang merupakan pemimpin Sarikat Islam.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: