alexametrics

Wakil Ketua DPRD Dampingi Sejarawan Soal Gugatan Hari Jadi Kota Suraba

2 Juni 2021, 18:29:30 WIB

JawaPos.com–Wakil DPRD Kota Surabaya A. H. Thony menemui para sejarawan yang bermaksud melakukan gugatan akademis atas tanggal Hari Jadi Kota Surabaya yang jatuh pada 31 Mei 1923. Politkus dari Fraksi Gerindra itu menemui sejarawan di Lodji Besar, Peneleh No 46 pada Rabu (2/6).

Ada beberapa hal yang dibahas Thony dengan sejarawan. Dia mengaku cukup terusik dengan masukan para sejarawan. Sebab, sebelumnya Surabaya disebut berusia 728 tahun.

”Artinya, kalau ada penetapan tanggal dan usia, penetapan itu didasarkan pada tanggal atau tahun yang sudah pas. Tapi dengan acara gugatan ini, saya tertarik melihat hasil tersebut,” jelas Thony.

Thony menemui Kuncarsono, Nanang Purnomo, dan Khatib Ismail, dari komunitas Begandring Soerabaia. Thony berharap penetapan 31 Mei 1923 bukan merupakan produk politik. Dia mengapresiasi perbandingan periodik yang disajikan sejarawan.

”Gugatan itu menimbulkan kegamangan. Artinya hari jadi Surabaya yang selama ini diyakini pada 31 Mei 1923, ternyata ada versi 1 April 1906. Jangan sampai ada kesalahan yang diyakini benar. Nah, itu yang harus diperhatikan. Jangan sampai tanggal salah dan kita merayakan kesalahan,” tutur Thony.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: