Penting! Memberi Pelajaran Anak-Anak Menghadapi Orang Asing

2 Februari 2023, 12:00:20 WIB

JawaPos.com- Maraknya isu penculikan pada anak, jelas berdampak keresahan, Baik pihak sekolah maupun orang tua. Sebagai langkah pencegahan, sejumlah aturan baru diterapkan. Di Growing Kid School misalnya, seluruh orang tua wajib mengantar dan menjemput anaknya.

Kepala SD Growing Kid School Agustin Santoso kemarin (1/2) menyatakan, aturan antar jemput anak diterapkan sejak lama. Namun, saat ini aturan tersebut lebih dimaksimalkan. Jika tidak bisa menjemput, orang tua harus konfirmasi ke sekolah. Siapa yang menggantikannya. Misalnya, dijemput driver taksi atau ojek online.

Pihak driver harus menunjukkan chat komunikasi orang tua pada pihak sekolah. Kemudian, informasi itu dikonfirmasi ke orang tua. Jika disetujui, barulah pihak sekolah mengizinkan driver membawa sang anak.

’’Pengawasan sangat ketat. Meski orang tua lama menjemput, siswa tetap tidak diperbolehkan pulang. Menunggu di sekolah sampai ada yang menjemput,’’ kata Agustin. Tidak hanya memperketat aturan, dia menjelaskan bahwa mata pelajaran tambahan tentang stranger danger juga diberikan.

Pelajaran berisi tentang sikap menghadapi orang asing. Mulai jaga jarak hingga berinteraksi dengan orang baru dikenal. Juga, tidak keluar rumah sendiri dan tidak menerima pemberian hadiah dari orang asing. Termasuk berlari serta mencari pertolongan jika ada orang yang memaksa mengajak pergi.

Maraknya isu penculikan juga menarik perhatian Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A PPKB) Surabaya. Bukan hanya di sekolah, pengawasan di lingkungan permukiman penduduk juga lebih dimaksimalkan.

Kepala DP3A PPKB Surabaya Tomi Ardiyanto menyatakan telah menginstruksi kader perlindungan perempuan dan anak (PPA) di setiap kelurahan untuk terus memonitor aktivitas di lingkungan kerja mereka.

Melalui koordinasi dengan pengurus kampung, masyarakat diminta tidak panik, tetapi tetap waspada.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c12/may

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads